oleh

Lembaga Penyelenggara Seleksi Tambahan Bacakades Segera Diumumkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 119 Desa di Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2020 ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 45 Desa memiliki lebih dari Lima orang pendaftar.

Sehingga, perlu dilakukan seleksi tambahan terhadap Bakal Calon Kades (Bacakdes) dari 45 Desa tersebut. Seleksi dilakukan oleh lembaga independen.

iklan

Pemerintah Kabupaten Sumbawa, saat ini telah merampungkan seleksi lembaga yang akan menyelenggarakan seleksi tambahan tersebut. Sebanyak lembanga independen telah mengikuti seleksi yakni, Psikologi Big Idea, Pusat  Pengembangan Psikilogi Terapan UTS dan Fakultas Hukum UNSA. Hasilnya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

“Ketiga lembaga ini sudah mengekspose  strategi pelaksanaan ujian seleksinya, metodenya, berapa tim yang terlibat, siapa saja tim ahlinya. Sudah disampaikan secara komprehensif dari tiga lembaga itu. Dari ekspose tersebut Tim seleksi Kabupaten sudah mengantongi satu nama lembaga. Tinggal menunggu SK nya keluar,” ungkap Kepala Dinas Pembardayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pemerintahan Desa Deden Firiadi, S.STP., M.Si., Selasa (28/01/2020) di Sumbawa.

Baca juga:  Juri Ardiantoro Resmikan RPP "Bala Late" KPU Sumbawa

Dikatakan, paling lambat awal Februari nama lembaga yang ditunjuk sudah diumumkan. Karena pada tanggal 14 Februari sesuai tahapan, mereka akan menyelenggarakan seleksi tambahan tersebut. Ia menagaskan, bahwa hasil seleksi tambahan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada lembanga yang ditunjuk.

“Mereka akan melakukan seleksi terhadap 337 orang bacakades dari total 619 orang peserta pilkades . Rencananya tes tersebut dilaksanakan dua hari. Hasilnya kami serahkan sepenuhnya kepada lembaga itu, kalau mau protes, silahkan ke mereka selaku panitia,” tutupnya. (KS/aly)

iklan