oleh

Tenun Lokal Jadi Bagian dari Pakaian Dinas ASN Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa, nampaknya sangat serius dalam mendukung dan mengembangkan produk-produk lokal. Salah satunya terhadap tenun lokal khas Sumbawa.

Hal tersebut dibuktikan dengan dilaunchingnya penggunaan bahan-bahan tenun lokal sebagai bagian dari pakaian dinas ASN Lingkup Pemda Sumbawa, yang efektifnya dimulai pada tanggal 06 Mei 2020 mendatang.

“Penghubung antara generasi masa lalu dan generasi hari ini, selain momentum seperti yang kita lakukan pada hari ini, juga dengan berupaya memperkuat warisan kebudayaan kita. Alhamdulillah, daerah kita dinilai oleh pemerintah pusat layak menjadi percontohan nasional model pembangunan berbasis dan berwawasan kebudayaan dengan ditetapkannya desa poto sebagai desa pemajuan kebudayaan. Sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah daerah, hari ini saya me-launching penggunaan bahan-bahan tenun lokal untuk menjadi bagian dari pakaian dinas asn perangkat daerah kabupaten sumbawa yang efektifnya dimulai pada tanggal 6 mei 2020 mendatang,” ungkap Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc., dalam sambutannya pada hari puncak HUT Kabupaten Sumbawa ke-61, Rabu (22/01/2020) di Halaman Kantor Bupati.

Baca juga:  Pertahankan Jatidiri Sebagai Tau Samawa Lewat Festival Pesona Agal

Bupati menegaskan, langkah ini diambil dalam rangka mendukung perkembangan sektor UMKM di Kabupaten Sumbawa. Untuk itu, ia meminta kepada pengrajin tenun Sumawa, untuk segera berbenah dan mempersiapkan diri menyambut hal baik ini.

Menurutnya, hal ini tidak akan sukses jika tidak dibarengi dengan aksi nyata, seperti meningkatkan mutu produk, termasuk memperluas jaringan distribusi agar supply dan demand berjalan beriringan.

“Juga kepada masyarakat, agar bangga dan tergerak mengenakan produk tenun daerah sendiri, karena kalau bukan kita, lalu siapa lagi, Kalau tidak sekarang, kapan lagi,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed