oleh

Sumbawa Kembali Dapat Bantuan Transportasi Laut dari Pusat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan bantuan satu unit kapal penumpang dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi tahun 2020 ini.

Kapal penumpang berkapasitas 20 penumpang tersebut dihajatkan untuk memperlancar transportasi laut khususnya masyarakat di Pulau Moyo dan Pulau Medang.

“Satu unit kapal tahun 2020. Kapasitasnya 20 penumpang bantuan dari Kemendes PDT,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa, Drs. Abdul Aziz, M.Si belum lama ini.

Baca juga:  25 Unit Rumah Khusus Nelayan Dibangun di Ai Bari

Terhadap bantuan satu unit kapal tersebut, belum dilakukan proses tender dan masih tahap evaluasi. Nantinya setelah sudah dilakukan pengadaan, pengelolaannya akan diserahkan kepada Bumdes.

“Tendernya belum masih dievaluasi. Pengelolaannya nanti kita serahkan ke Bumdes. Karena itu persyaratan ketika kita mengajukan, harus ada dokumen pengelola. Nanti kita serahkan ke Bumdes Karang Dima. Kalau yang kemarin Sahabat Maritim 1 oleh Bumdes Badas. Nanti kita taro Sahabat Maritim 2,” terangnya.

Dengan adanya bantuan satu unit kapal ini nantinya, maka akan ada dua kapal penumpang yang beroperasi untuk melayani masyarakat baik di Pulau Moyo aupun Pulau Medang. Terhadap bantuan satu unit kapal sebelumnya, diakuinya masyarakat sangat terbantu untuk transportasi laut. Termasuk juga lebih mempermudah tamu pariwisata yang hendak ke Pulau Moyo.

Baca juga:  Ratusan Desa Se- NTB Dipastikan Ikuti Festival Desa Inovatif

“Jadi nanti satu yang dari sini ke pulau, dan satu yang dari pulau ke sini. Artinya ketika satu stanby di sini, satu stanby di sana. Sehingga masyarakat tidak harus menunggu lama untuk memanfaatkan transportasi laut,” pungkasnya. (KS/aly)

himbauan polres sumbawa

News Feed