oleh

Ratusan Cakades Bakal Jalani Seleksi Tambahan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 119 Desa di Kabupaten Sumbawa menggelar Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak pada bulan Maret tahun 2020 ini. Dari jumlah tersebut 45 Desa bakal mengadakan seleksi tambahan, lantaran memiliki Calon Kepada Desa (Cakades) lebih dari Lima orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Pemerintahan Desa Anhuyas, kepada wartawan, Senin (13/01/2020) di kantor Bupati setempat mengatakan, seleksi tembahan tersebut akan diikuti oleh 337 Cakdes dari 45 Desa dimaksud. Pelaksanaan seleksi dijadwalkan 14 Februari mendatang.

Lanjutnya, saat ini pihaknya tengah meyiapkan lembaga independen sebagai lembaga yang akan melakukan seleksi tambahan terhadap ratusan Cakades tersebut. Dimana, pihaknya telah menggelar rapat dengan Sekda Sumbawa, untuk menentukan jadwal pertemuan dengan tiga calon lembaga yang akan melakukan seleksi, dua diantaranya dari universitas dan satunya lagi lembaga independent.

Baca juga:  Festival Pesona Moyo Tahun 2017 Masuk Kalender Pariwisata NTB

‘’Untuk seleksi tambahan belum kita laksanakan. Cuma kemarin pihak universitas atau lembaga itu sudah masuk semua, ada tiga yang sudah kita rekap. Kita rapat dengan Pak Sekda untuk menentukan kapan kita melakukan pertemuan dan presentase dari lembaga-lembaga itu,’’ terangnya.

Dalam pertemuan dengan tiga lembaga tersbut, Pemda Sumbawa ingin mendengar paparan terkait rencana maupun kemampuan mereka dalam melakukan seleksi nantinya. Sehingga nanti penentuannya tinggal dirapatkan kembali dengan Panitia Kabupaten, guna menentukan siapa yang terbaik dan ditunjuk sebagai pelaksana dari seleksi tambahan tersebut.

‘’Kita akan mencoba mendengarkan presentase dari lembaga ataupun universitas itu, kemampuannya dia dalam melakasnakan seleksi seperti apa. itu yang perlu kita dengar,’’ pungkasnya. (KS/aly)

News Feed