Bahasa Indonesia Pudar Di Generasi Milenial

Date:

Kabarsumbawa.com (07/01/2020)

Bahasa menunjukan bangsa, itulah kata bijak yang sejak lama tertanam dalam benak kita. Namun bagaimana sekarang? Di era milenial seperti saat ini salah satu kelemahan orang indonesia untuk bersaing dengan orang luar negeri adalah karena bahasa.

Keinginan mempersiapkan anak memasuki era globalisasi tentu diperbolehkan, Namun jika itu mengorbankan jati diri bangsa apa gunanya?

Seiring berjalannya waktu keinginan belajar bahasa asing justru membuat bahasa indonesia terpinggirkan. Banyak anak usia sekolah terutama kaum milenial yang tinggal di kota besar terlihat gagap berbahasa indonesia, banyak diantara mereka yang bahkan lebih fasih berbahasa asing. Kehidupan dan interaksi anak muda milenial pun tak lepas dari “Kontaminasi bahasa” penggunaan istilah-istilah yang entah dari mana asalnya semakin menghilangkan wujud asli bahasa Indonesia. Bahasa bukan hanya sekedar alat komunikasi, bahasa bukan sekedar tutur kata.

Bahasa turut menggambarkan budaya dan jati diri sebuah bangsa. Itulah mengapa di bahasa Indonesia terdapat perbedaan kala berbicara dengan teman sebaya orang yang lebih tua, bahkan ayah dan ibu kita.

Di era milenial pun ternyata lebih banyak menggunakan bahasa gaul. Anak muda sampai orang dewasa lebih senang memakai bahasa gaul. Berikat contoh-contoh bahasa gaul di era milenial,di antaranya :

Contoh – contoh bahasa gaul // Sumber : Penulis

Setiap generasi muda telah hidup pada era yang berbeda, dalam artian bahwa setiap anak muda digital jarang tersentuh pembelajaran berbahasa Indonesia. Ia menyatakan kondisi itulah yang membuat konsep berbahasa mereka cenderung berbeda ketimbang generasi era sebelumnya.

Oleh : Putri Amelia
Mahasiswa Pendidikan Guru Mardrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FA’i) Universitas Muhammadiyah Mataram

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

DISIPLIN POSITIF MULAI DARI RUMAH HINGGA KE SEKOLAH

Penulis : Nasruddin, S.HI - Mahasiswa Program Pascasarjana Manajemen...

PERAN GURU UNTUK SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI

Oleh : Riska Harmelia – Mahasiswa Semester III Pendidikan...

Problem Based Blended Learning sebagai Bentuk Implementasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Oleh : Fahmi Yahya - Dosen Pendidikan Fisika Universitas Samawa, Mahasiswa...

PARADIGMA PENDIDIKAN PROGRESIF PROFETIK SEBAGAI PILAR PENDIDIKAN BERPENCIRI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

OLEH: SYAIFULLAH, S.Ag - Mahasiswa Program Pascasarjan Manajemen Inovasi...