oleh

Bahasa Indonesia dalam Kaca Dunia

Kabarsumbawa.com (07/01/2020)

Setiap negara pasti memiliki bahasa persatuannya masing- masing, karena bahasa adalah salah satu ciri khas dari sebuah negara dan tentu saja setiap bahasa yang digunakan pasti memiliki keunikan dan kelebihannya masing- masing.

Di negara kita, selain memiliki bahasa daerah yang sangat beragam dan unik, pastinya kita memiliki bahasa persatuan yang tentu tak kalah unik dan juga ternyata sangat populer di kaca Internasional. Bahasa Indonesia digunakan secara Internasional tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga oleh diaspora Indonesia di Belanda, Hong Kong, Taiwan, dan Timur Tengah. Juga dipelajari oleh penduduk Asia Tenggara, Australia, dan beberapa penduduk Eropa.

Tak sedikit dari warga asing yang tinggal di Indonesia merasa kagum dan menyukai bahasa Indonesia karena keunikannya. Banyak diantara mereka yang tidak segan mempelajari bahasa Indonesia.

Dan berikut adalah beberapa fakta luar biasa tentang Bahasa Indonesia di Dunia Internasional

1. Bahasa Indonesia Adalah Bahasa Yang Unik

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia dan Malaysia memiliki asal bahasa yang sama, bahasa Melayu. Namun, meski sama- sama berasal dari bahasa Melayu, Indonesia punya karakteristik yang berbeda baik dari susunan kata maupun pengucapannya. Bahasa Indonesia lebih enak didengar dan dimengerti. Misalnya, berputar (Indonesia), pusing (Malaysia) yang dalam bahasa Indonesia pusing artinya sakit kepala.

Baca juga:  Eksistensi Dunia Pendidikan di Indonesia

2. Bahasa Indonesia Bahasa Yang Sangat Kaya

Jika diurutkan sejarah, seperti yang diketahui bahasa Melayu adalah bahasa pasar. Yang tercipta dari gabungan bahasa- bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia yang dulu sempat singgah di Melayu. Maka, bahasa Indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia.

3. Bahasa Indonesia Adalah Bahasa Yang Sopan

Dalam sejarah tertuliskan bahasa Indonesia baerasal dari bahasa Melayu Riau. Menurut buku yang ditulis Jan Huygen dalam bukunya Hinerario disebutkan bahwa bahasa Melayu terkenal dengan bahasa yang paling sopan di kawasan Timur. Meski bahasa Melayu dulu dan bahasa Indonesia kini sudah berbeda, tapi kebanggaannya tetap sama.

4. Bahasa Indonesia Adalah Bahasa Yang Paling Mudah

Baca juga:  Media Lokal dan Reformasi Birokasi Daerah

Sudah banyak yang mengetahui bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mudah dipelajari. Bahkan menurut beberapa survey, yang salah satunya Lexiophiles, mengatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai bahasa yang paling mudah dipelajari.

5. Bahasa Indonesia Kian Dikenal Bangsa Lain

Tak hanya di Indonesia, bangsa lainpun ternyata berminat belajar dan mengenal bahasa Indonesia. Contohnya Australia, mereka tertarik dengan bahasa Indonesia karena mengagumi budaya Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya kita bangga dengan kekayaan luhur, jadi kemungkinan bahasa Indonesia nantinya dijadikan bahasa Internasional bisa saja terwujud.

Oleh : Arrahimatul Insan
Mahasiswa Pendidikan Guru Mardrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FA’i) Universitas Muhammadiyah Mataram

iklan bkbpp

News Feed