oleh

Cara Penulisan Catatan Kaki Atau FootNote Yang Benar

-Pendidikan-4.561 views

Disini kita akan membahas apa sih catatan kaki itu ? catatan kaki bukan yang ditulis pada kaki atau jejak. Melainkan catatan kaki yang ditulis pada akhir pembahasan dalam sebuah tulisan atau teks yang bisa digunakan pada sebuah karya ilmiah.

Catatan kaki atau footnote adalah daftar keterangan khusus yang ditulis dibagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan atau komentar dan menjelaskan sumber kutipan.

iklan

Catatan atau footnote dapat dibedakan atas catatan kaki atau footnote referensi dan catatan kaki atau footnote isi. Catatan kaki dicantumkan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain. Catatan kaki dipergunakan sebagai pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum didalam teks atau sebagai petunjuk sumber dan tempat untuk memperluas pembahasan yang diperlukan.

ratna sari
Penulis : Ratnasari mahasiswi Universitas Muhammadiyah

Catatan kaki dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Catatan kaki referensi: berisi tentang catatan sumber yang dikutip

2. Catatan kaki isi: berisi komentar terhadap konsep yang kita kutip atau catatan tambahan yang sifatnya melengkapi tulisan
Catatan kaki dicantumkan pada kaki halaman karangan atau disetiap akhir bab karangan. penyusunan catatan kaki atau footnote dapat dilakukan dengan cara seperti berikut, yaitu:

1. Nama belakang penulis, judul buku, (Tempat, Penerbit, Tahun), halaman.

2. Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, dalam Nama Surat Kabar, Tanggal, Bulan, Tahun, Halaman.

3. Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, dalam Nama Majalah, Edisi/ Nomor, halama.

4. Nama belakang penulis, “Judul Artikel”, dalam Nama Amtologi dan penulis (Tempat penerbit, Tahun), Halaman.

5. Nama belakang penulis, “Judul Makalah”, Data Publikas, Halaman.

6. Nama belakang penulis, “Judul Laporan Tugas Akhir”, (Tempat: Nama Perguruan Tinggi, Tahun), Halaman.

7. Nama belakang penulis, “Judul skripsi/Tesis/Disertasi”, (Tempat: Nama Lembaga/Perguruan Tinggi), Halaman.

8. Nama balakan penulis, “Judul Artikel”, dalam Alamat Website internet.

[12:18 PM, 1/4/2020] Rs: Dalam membuat catatan kaki akan menjelaskan dari mana sumber sebuah asal kutipan, baik itu kutipan langsung atau kutipan tidak langsung, Dalam setiap teks penggunaan catatan kaki pasti akan ditandai dengan nomor. Pada nomor tesebut akan terkait langsung dengan keterangan yang ada di catatan kaki.

[12:18 PM, 1/4/2020] Rs: Tujuan penulisan catatan kaki adalah untuk menyusun dalam sebuah pembuktian sebuah karya tulisan dari mana sumber itu diperoleh, serta sebagai ungkapan dalam menyatakan terimaksih. Kepada pengarang yang dikutip pendapatnya, dalam menyampaikan keterangan tambahan.

Serta memperkuat uraian keterangan, intisari dalam menulis keterangan insidental materi penjelas yang kurang penting. Untuk memperbaiki pandangan yang tertahan serta merujuk kepada bagian teks lain, seperti uraian pada halaman lain, sebelum atau sesudah. Dalam penggunaan catatan kaki, penggunaan biasanya digunakan dan ditempatkan pada contoh makalah atau karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan lainnya. Atau sering digunakan sebagai keterangan dalam sebuah refrensi yang ditempatkan pada terahir lembar sebuah tulisan atau teks karya ilmiah.

Berikut ini beberapa kegunaan fungsi dari catatan kaki diantaranya:

Catatan kaki berfungsi untuk memberikan sebuah keterangan serta penjelasan, mengenai kutipan penyusun serta daftar bacaan. Supaya dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca. Fungsi catatan kaki yang kedua, untuk menghargai dari mana kutipan yang didapat, supaya para pembaca karya ilmiah mengetahui sumber kutipan di dapatkan. Yang ketiga untuk menunjukan refrensi atau rujukan, supaya para pembaca karya ilmiah dapat mengerti dan mengetahui.

Penulis : Ratnasari mahasiswi Universitas Muhammadiyah