oleh

Yuk Ikuti Pesentren Kilat di Deeniyat Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Banyak cara dilakukan untuk menyambut tahun baru. Namun, selama ini kebiasan kita menyambut pergantian tahun dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat bahkan cendrung mengahar ke hal yang negatif.

Bagi kamu yang ini menganyambut tahun baru 2020 dengan hal postif, kamu bisa mengikuti Pesantren Kilat yang akan digelar oleh Lembaga Deeniyat Sumbawa.

Ketua Lembaga Deeniyat Sumbawa
Ust. Slamet Riyadi, S.PdI mengatakan, ini dilakukan untuk meminimalisir kegiatan yang bersifat duniawi, yang biasanya dilaksanakan untuk merayakan malam pergantian tahun.

Kegiatan ini lanjutnya, merupakan kegiatan pesantren kilat, yang dinamakan apel mas. Yakni anak-anak, pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Tujuannya guna membekali anak-anak dari dasar dalam mengenal islam. Sebab, ada juga yang mengenal islam, tetapi tidak mengetahui seperti apa praktik islam.

Baca juga:  Polres Sumbawa Berikan Tali Asih Kepada Wagra Berstatus ODP

Adapun kegiatannya seperti mengajak anak-anak untuk menghafal ayat pendek untuk shalat lima waktu pada pagi hari. Kemudian dibacakan kalimat motivasi seperti sabda Rasul dan firman Allah. Seperti membaca Al-qur’an. Karena kebanyakan orang hanya mengetahui jika tidak membaca Al-qur’an akan mendapat dosa. Tetapi amal yang lain yang sehubungan dengan shalat, kadang tidak diketahui oleh orang.

Setelah ba’da dzuhur, mengajak anak-anak untuk berlatih pidato singkat. Ba’dan ashar kemudian akan dilakukan praktik hafalan lagi. Ba’da maghrib dilakukan ceramah umum. Sementara ba’da isya akan dibacakan kitab fiqih. Mengenai cara bersuci yang benar hingga gerakan shalat yang benar.

Kegiatan ini akan dimulai 29 hingga 31 Desember. Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak tanggal 28 Desember. Kegiatan ini tidak dipungut biaya. Siapapun bisa mendaftar, asalkan sudah di atas kelas V sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengimbangi hal-hal negatif yang terjadi saat pergantian tahun dengan hal positif. Sambil membiasakan anak-anak dengan amalan islami.

Baca juga:  TNI Bantu Bersihkan Sampah dan Lumpur Banjir Sumbawa

“Intinya untuk merubah adat menjadi bernilai ibadah. Bagi akan mendaftar dan ingin tahu informasi lebih lanjut, bisa langsung datang ke Deeniyat Sumbawa di Unter Katimis, Kelurahan Seketeng, atau menghubungi kontak saya 081298902850.,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan bkbpp

News Feed