oleh

Satu Desa Perpanjang Masa Pendaftaran Calon Kades

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pendaftaran Calon Kepala Desa di 119 Desa di Kabupaten Sumbawa yang menggelar Pilakdes serentak 2020, resmi ditutup pada, Senin (16/12/2019) kemarin.

Dari 119 Desa tersebut, tersisa satu Desa yang memperpanjang masa pendaftarannya lantaran hanya ada satu calon yang mendapaftar. Desa tersebut yakni Desa Rhee Loka, Kecamatan Rhee.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos, M.Si., ditemui, Rabu (18/12/2019) di Sumbawa, mengatakan, terhadap perpanjangan masa pedaftaran calon Kades Desa Rhee Loka, telah dilakukan, sejak Selasa (17/12) kemarin. Pendaftaran akan dibuka selama 20 hari ke depan.

Baca juga:  Berkinerja Baik, Kecamatan dan Desa Akan Diberikan Insentif

“Ada satu desa yang pendaftaran sampai tanggal 16 kemarin hanya satu pesertanya. Dan itu diperpanjang, sekarang dalam tahap perpanjangan. Panitia di desa memperpanjang karena yang mendaftar hanya satu. Perpanjangan selama 20 hari,” ungkapnya.

Varian mengakui, tidak mengetahui secara pasti mengapa Desa tersebut sepi peminat. “Kenapa hanya satu, itu yang saya tidak tahu. Kalau waktu pendaftaran tidak mungkin tidak cukup. Karena semua desa-desa lain pun rata-rata lebih dari dua. Tapi memang saya tidak tahu alasan spesifik Rhee Loka ini, kok bisa hanya satu,” terangnya.

Baca juga:  Daftar Penerima Kartu Pariri Disabilitas dan Lansia Dikoreksi

Terhadap Panitia Pilkades di masing-masing Desa khususya Desa Rhee Loka, Varian berahap untuk tetap mengikuti aturan yang berlaku. Jika dalam perjalanannya terdapat kesulitan ataupun masalah, panitia Desa dapat langsung berkonsultasi ke DPMD.

“Kita harapkan sesuai dengan aturan yang ada. Kalau ada ada hal yang perlu dikonsultasikan segera dikonsultasikan ke Dinas PMD sebagai leading sektor yang menangani. Alhamdulillah begitu dilaksanakan oleh panitia. Kalau ada, telpon WA atau datang ke kantor, tergantung dari permasalahan yang dihadapi,” pungkasnya. (KS/aly)

himbauan polres sumbawa

News Feed