Pendaftaran Bakal Calon Kades Telah Dibuka

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 119 desa di Kabupaten Sumbawa bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020. Proses pendaftaran bakal calon Kades sudah dibuka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Varian Bintoro, Kamis (05/12/2019) di Sumbawa mengatakan, pendaftaran bakal calon Kades telah dibuka sejak 4 hingga 16 Desember 2019.

Pikdes serentak kali ini kata dia, diperkirakan cukup banyak desa yang memiliki bakal calon Kades lebih dari lima orang. bahkan hampir setengah dari total desa yang  melaksanakan Pilkades serentak.

‘’Kalau saya prediksi mungkin bisa 50 persen dari total jumlah desa 119 itu yang lebih dari lima. Itu cuma perkiraan saya, setelah melihat antusiasme masyarakat. Tapi kita belum tahu pasti berapa finalnya. Baru kita tahu setelah ditetapkan bakal calon itu,’’ tuturnya.

Lanjutnya, jika Desa yang memiliki bakal calon lebih dari lima orang, maka akan dilakukan tes tambahan. Dimana tes tambahan tersebut akan dilakukan oleh pihak ketiga yang lembaga independen dan memiliki memiliki kompetensi untuk melakukan tes, terutama tes psikologi.

Sementara, ketika nantinya hanya ada satu bakal calon kades yang mendaftar, maka masa pendaftaran akan diperpanjang sekitar 10 hari. Namun ketika sudah diperpanjang tapi masih saja satu orang, maka panitia Pilkades melaporkan ke BPD, dan BPD melapor ke Bupati untuk itu ditunda pelaksanaannya. Pilkades desa setempat baru bisa terlaksana pada pelaksanaan Pilkades serentak berikutnya.

‘’Kecil kemungkinan ada yang satu calon,’’ pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...