oleh

Pelamar CPNS Kabupaten Sumbawa Mencapai 8.233 Orang

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sumbawa tahun 2019 melalui portal SSCAN resmi ditutup, Selasa (26/11/2019) pukul 23.11 wita malam kemarin. Tercatat, sebanyak 8233 orang pelamar yang mengakhiri pendaftarannya atau Sabmit data.

Jumlah tersebut terbagi dalam tiga formasi yakni, 4.070 orang pelamar tenaga Pendidikan, 1.964 orang tenaga Kesehatan, dan 2.199 orang tenaga Teknis.

Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur, Budi Sastrawan, S.IP., M.Si

“Resmi ditutup tanggal 26 November 2019 pukul 23.11 wita kemarin. Jumlah pendaftar sebanyak 8326 yang sudah mengisih formulir, yang sudah mengakhiri proses pendaftaran sebanyak 8233 pelamar,” ungkap Kepala Badan Kepegawai, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur Budi Satsrawan, S.IP, M.Si., Rabu (27/11/2019) kepada awak media di ruang kerjanya.

Lanjut Budi, saat ini, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi dan validasi data pelamar. Diperkirakan sebanyak 10 persen pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

Menurutnya, benyak faktor yang menyebabkan pelamar tersebut tidak lulus leseksi, mengingat rekrutmen CPNS tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya yakni tidak lagi menyertakan berkas fisik. Misalnya, jika pelamar telah mengakhiri pendaftarannya dan datanya telah terkirim ke sistem, maka pelamar tidak lagi bisa memperbaiki data jika yang ia kirim salah.

“Gambarannya, dari jumlah tersebut sekitar 90% yang diperkirakan lolos, sekarang masih dalam proses verifikasi, setelah itu divalidasi. Memang banyak model karakteristik masalah yang kita hadapi terkait dengan pola pendaftaran CPNS tahun 2019, dia tidak ada lagi proses pembuktian fisik pada saat pendafaran ini, pelamar itu kalau sudah mengakhiri pendaftaran dia tidak bisa lagi menarik kembali lamarannya apabila dia merasa ada kesalahan, itu otomatis gugur. Kalau dulu 2018 masih ada ruang melalui pembuktian fisik,” jelasnya.

“Saya sudah mengingatkan pelamar untuk cermat dalam mengunggah berkas, karena kalau sudah dikirim ke sistem, maka berkas lamaran tidak bisa kita tarik lagi. Atu melamar dua kali,” sambungnya.

Terkait jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi kata dia, berdasarkan ketetapan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) hasil seleksi administrasi diumumkan paling lambat 11 Desember 2019. Setelah itu, memasuki masa sanggah selama 10 hari, 3 hari untuk melakukan sanggahan dan 7 hari untuk menjawab sanggahan oleh panitia.

“Sekarang masih kita verifikasi, kemudian kita validasi kembali, baru kita umumkan, paling lambat tanggal 11 Desember 2019, tapi bisa saja dibawah tanggal 11, misalnya tanggal 10,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kebutuhan formasi CPNS Kabupaten Sumbawa 2019 sebanyak 342 formasi dengan rincian, tenaga Pendidik sebanyak 212 formasi, tenaga kesehatan 96 formasi dan tenaga teknis 34 formasi. (KS/aly).

News Feed