oleh

UNSA Gandeng UB Dalam Kegiatan Estimasi Biodiversitas Untuk Konservasi Lahan Pertanian

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Seminar ilmiah yang di rangkaikan dengan kuliah tamu pada program Studi Agroteknologi (FAPERTA) dan Program Studi Biologi (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar merupakan kegiatan rutin yang di lakukan dalam rangka meningkat kanpengetahuan dan berbagai informasi dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sumbawa.

Seminar Nasional bertemakan “ Estimasi Biodiversitas untuk Konservasi Lahan Pertanian dilaksanakan pada Senin, 18-19 Nopember 2019 dengan narasumber Nina Dwi Lestari, SP.,M. Ling merupakan Dosen FP Universitas Brawijaya. Seminar ilmiah yang di buka oleh Dr. Syafruddin, SE., MM selaku Rektor Universitas Samawa, di hadiri oleh Heri Kusnayadi, MP (Dekan Fakultas Pertanian) dan Indah D. Lestari, M.Pd (Fakultas ilmu pendidikan dan Keguruan-Kapodi biologi) beserta jajarannya.

Dalam sambutannya rektor sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Ia sangat berharap untuk mahasiswa dan dosen untuk dapat melakukan kegiatan sharing secara berkelanjutan untuk meningkatkan atmosfer akademik, nilai dan kualitas. Ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat sehingga dapat menjawab tantangan di masa depan.

Sementara itu, Heri Kusnayadi, MP, Dekan Fakultas Pertanian, menjelaskan bahwa kegiatan mengundang pembicara dari luar merupakan upaya dalam meningkatkan atmosfer akademik, dan setiap kegiatan kemahasiswaan sangat di support oleh fakultas.

Kegiatan seminar ilmiah yang dipandu oleh Dr. Ieke Wulan Ayu, STP.,M.Si, terbagi dalam duasesi. Sesi pertama penyampaian materi oleh narasumber.

Nina selaku salah seorang narasumbwe menjelaskan bahwa praktek pertanian yang intensif berdampak terhadap penurunan yang nyata pada biodiversitas tanah, terutama bahan organik, sifat fisik tanah dan hidrologi tanah, yang apabila tidak dikelola dengan baik akan mendatang kerusakan lingkungan.

Menjaga stabilitas agroekosistem dan teknologi agroforestri adalah salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan yang dapat segera dilakukan sesuai kebutuhan.

Kemudian sesi kedua penyampaian studi kasus yang disampaikan oleh mahasiswa prodia   groteknologi yaitu Siti Zohria, dan AyuTriwahyuningsih tentang habitus tanaman obat Desa Songkar dan Desa Ngeru serta Aulia Berigita merupakan mahasiswa prodi biologi mempresentasikan judul tentang pengelolaan pesisir Pulau Bungin.

Kemudian, Indah D. Lestari selaku Kaprodi Biologi-FKIP menyampaikan review menjelaskan bahwa dalam kegiatan studikasus tanaman obat yang paling penting di ketahui oleh mahasiswa adalah terlebih dahulu mahasiswa harus mengetahui apa yang melatarbelakangi melakukan studikasus, nama lokal dari tanaman obat tersebut kemudian mencantumkan nama indonesia dan nama ilmiahnya, habitat dari tanaman tersebut, jika ada salah satu dari jenis taman yang belum bisa di identifikasi maka tanaman tersebut di foto.

Ilham Jaya Pratama selaku ketua pelaksana yang merupakan mahasiswa prodi Agroteknologi, sangat berterimakasih kepada Rektor dan Dekan serta seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan. Kedepannya ia dan kawan-kawannya akan berupaya untuk mengadakan seminar ilmiah selanjutnya dapat membahas tema besar yang dibutuhkan oleh Kabupaten Sumbawa. (KS)

News Feed