oleh

Tahapan Pilkada Sumbawa 2020 Resmi Dimulai

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – KPU Sumbawa akhirnya melaunching Pilkada Sumbawa. Kegiatan launching digelar dihalam kantor KPU setempat.

Lauching yang mendai dimulainya secara resemi seluruh tahapan Pilkada Sumbawa 2020 ini, dikemas dengan konseb budaya. Hal tersebut menandai sebagai semangat pelaksanaan Pilkada yang demokratis.

Konsep budaya yang itu ditandai dengan beragam atraksi seni budaya Samawa yang ditampilkan salah satunya Sakeco. Konsep KeSamawaan yang diusung, tentunya tanpa mengabaikan seluruh entitas yang ada. Kemudian berbagai atraksi dari belasan etnis yang ada di Sumbawa seperti Tari Oleng-oleng dari Madura, Tari Jaipong dari Sunda, Tari Piring dari Padang dan sejumlah atraksi dari suku dan etnis lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE).

Pada kegiaran itu juga, FKLE menyatakan dukungannya dalam mensukseskan Pilkada Sumbawa 2020 dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar FKLE Kabupaten Sumbawa.

FKLE menyatakan dukungannya dalam mensukseskan Pilkada Sumbawa 2020 dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar FKLE Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU Sumbawa Muhammad Wildan, M.Pd., dalam sambutannya, menyampaikan Pelibatan dukungan dari seluruh etnis yang ada, dengan harapan, KPU Sumbawa dapat menyatukan seluruh sumber entitas nilai budaya masyarakat Sumbawa sebagai sejarah perjalanan demokrasi tanpa SARA ke depannya.

“Dalam acara ini kami sangat berbangga, hari ini kita diberi dukungan oleh seluruh etnis yang ada di Sumbawa, kurang lebih ada 19 etnis yang ada siap mensukseskan Pilkada Sumbawa, yang ditandai dengan penandatanganan ikrar,” Ungkap Wildan.

Kegiatan Launching ini sebetulnya kata dia, untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat Sumbawa, bahwa tahapan Pilkada Sumbawa Tahun 2020 segera dan akan di mulai sampai nanti penetapan Bupati/Wakil Bupati terpilih.

Penandatanganan MoU antara KPU Sumbawa dengan Kejaksaan dan Polres

Disampaikan, KPU Sumbawa menetapkan Tanggal 23 November 2019 sebagai waktu Pilkada Sumbawa dilauncing, dengan harapan agar masyarakat Sumbawa lebih mudah mengingat, bahwa hari pencoblosan juga dilakukan pada tanggal dan bulan yang sama yakni 23 September di tahun 2020 yang akan datang.

“Pencoblosanya Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Rabu 23 September 2020 mendatang,” katanya

Disampaikan, dengan dukungan dari seluruh etnis yang ada, ia optimis tingkat partisipasi pemilih semakin lebih baik. Jika menoleh catatan prestasi KPU Sumbawa pada Pilpres dan Pileg kemarin, partisipasi pemilih di Kabupaten Sumbawa sukes melampaui batas nasional,yakni 84 persen lebih.

“Harapan inilah kami disini mengajak partisipasi kita semua karena kalau dilihat dari pengalaman pilkada-pilkada sebelumnya partisipasi kita dibawah 80. Ambil contoh kemarin Pilkada Gubernur kita diangka 75,88 persen. Kami KPU berkomitmen meningkatkan partisipasi ini menjadi di atas 80 persen,” imbuhnya.

Target tersebut menurutya tidak akan tercapai, tanpa bantuan dan dukungan dengan cara menggunakan hak pilihnya. Termasuk peran sari peserta Pilkada dalam menjaga keamanan dalam berkampanye.

“Jangan sampai menghilangkan kehangatan antar saudara, keluarga dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Ditegaskan, bagi KPU Sumbawa, nilai integritas adalah harga mati. Terlebih atas penghargaan dan kepercayaan yang disematkan oleh KPU Provinsi. KPU NTB belum lama ini, menetapkan KPU Sumbawa sebagai KPU terbaik kedua se NTB dalam hal integritas.

“Berilah kepercayaan kepada kami, kami tidak hanya bertanggung jawab kepada lembaga kami, kami juga bertanggungjawab kepada seluruh masyarakat. Yakinlah kami bekerja dengan asas yang ada, luber, Jurdil,” tutup Wildan.

Pemberian Penghargaan kepada Stakeholder

Sementara itu, Bupati Sumbawa Husni Djibril mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan gelaran Pilkada Sumbawa 2020. Masyarakat diharapkan tidak Golput atau menyiakan hak pilihnya, mengingat pentingnya agenda 5 tahunan ini bagi keberlangsungan pembangunan di Sumbawa.

“Sebab sukses atau tidaknya pemilihan kepala daerah ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan, pemerintahan, dan pembinaan kemasyarakatan di daerah kita, bahkan di negara kita pada umumnya,” Kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda Sumbawa H. Hasan Basri

Sukses pilkada menrutnya, paling tidak akan tercermin pada pelaksanaan pilkada yang luber dan jurdil, berlangsung dalam suasana kondusif, serta menghasilkan kepala daerah yang berkualitas. Serta mampu mengemban amanah dan aspirasi masyarakat.

“Bahkan kita berharap, pilkada sebagai pesta demokasi dapat berlangsung sebagaimana layaknya sebuah pesta, dengan suasana riam remo sebagai ciri khas tau samawa. dan yang tidak kalah pentingnya adalah sedapat mungkin meminimalisir terjadinya golput,” ujarnya.

Bupati berharap, momentum Pilkada Sumbawa dimanfaatkan untuk memilih kepala daerah secara massif yang terorganisir dan terstruktur. Oleh sebab itu, seluruh elemen masyarakat perlu memahami berbagai aturan yang terkait dengan pilkada tersebut, dengan pemahaman aturan secara baik, dibarengi niat dan i’tikad untuk membangun daerah dan bangsa tercinta ini.

Bupati meyakini, KPU bersama pemerintah akan mampu melaksanakan amanah untuk menyelenggarakan Pilkada sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pilkada yang bersih dan bebas dari korupsi serta efisien dan efektif. (KS/aly/*)

News Feed