oleh

Sebagian Besar Gepeng di Sumbawa Berasal Dari Luar Daerah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Salah satu fungsi kontrol sosial yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa yakni melakukan pendataan terhadap Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) yang ada di sekitaran Kota Sumbawa.

Dari hasil pendataan selama ini, Disos menemukan Gepeng-gepeng tersebut mayoritas berasal dari luar Daerah. Disos berencana akan memulangkan para Gepeng tersebut ke Daerah asalnya masing-masing.

“Tapi alhamdulillah di Sumbawa secara umum tidak kelihatan di jalan, walaupun ada, yang ada itu dari luar Sumbawa. Tapi kita terus melihat di lapangan untuk memonitor. Terutama di ATM dan pusat perbelanjaan yang kami pantau.” ungkap Kepala Disos Ir. A. Yani., Selasa (19/11/2019) di Sumbawa.

Dikatakan, terkait keberadaan Gepeng di sekitaran Kota Sumbawa, Disos selalu melakukan pengawasan di lapangan yang dilakukan oleh tim reaksi cepat. Meski tim tersebut belum maksimal.

“Pada dasarnya, kami sedang mendata Gepeng melalui Tim reaksi cepat yang kami bentuk. Tapi memang Tim ini juga belum maksimal dalam mengontrol dan mengawasi di lapangan. Tentu ini juga terkait kebijakan,” terangnya.

Terkait meresahkan atau tidak, sejauh ini katanya memang ada pengaduan dari masyarakat, baik melalui telpon maupun melalui media sosial Fecebook.

“Kami merespon itu. Yang dari luar daerah kita akan pulangkan. Itu upaya yang kita lakukan. Bersama Pol PP, bukan hanya gelandangan, tapi PSK juga kami advokasi melalui pembinaan sosial. Sehingga keberadaan mereka berkurang baik dari segi jumlah maupun operasional mereka di lapanga. Sehingga mereka bisa kembali ke keluarga masing-masing,” Pungkasnya. (KS/aly)

News Feed