Ketua DPRD Sumbawa Dukung Pengembangan Kopi Marente

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Selain madu, Kabupaten Sumbawa juga terkenal dengan hasil kopinya. Tidak hanya di tepal, Di Desa Marente, Kecamatan Alas juga memiliki potensi kopi.

Di zaman yang serba maju ini, kopi tidak lagi diolah untuk dijadikan minuman atau bahan makanan, namun kopi bisa diubah menjadi berbagai barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan para penggiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa setempat juga berinovasi dengan membuat pengharum ruangan dan pengharum mobil menggunakan kopi asli Marente.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq. Ditemui di ruang kerjanya, Rafiq mengungkapkan, ia cukup terkejut dengan adanya pengharum mobil yang diproduksi UMKM Desa Marente yang digagas oleh Pokdarwis setempat.

Menurnya, selama ini pengaharum semacam itu biasanya hanya bisa didapkan di toko-toko super market yang merupakan produk dari luar Daerah. Adanya pengharum ruangan hasil tangan kreatif pemuda matente ini kata dia, mengartikan Sumbawa sudah mampu melangkah lebih jauh dalam persaingan UMKM dengan daerah lain.

Baca juga:  PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

“Kemarin saya coba jalan-jalan ke Desa Marente. Saya bertemu dengan salah satu pegiat UMKM di situ. Jadi saya melihat kemasan kopi, Cuma saya kagetnya ketika muncul produk kopi pengharum  mobil itu. Alhamdulillah disana sudah diproduksi dan kualitasnya, dari sisi harumnya khas sekali, natural sekali. Kita juga harus mengapresiasi ke Pemerintah Daerah yang telah  berupaya dengan program strategisnya membina teman-teman dari pengusaha lokal ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan perkembangan UMKM saat ini, ke depan pihaknya akan berkoorniasi dengan Dinas terkait untuk bagaimana produk-produk yang produksi oleh UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa dapat dipasarkan di toko-toko modrn seprti Alfa Mart dan Indomaret.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

“ Ini juga harus diviralkan agar teman-teman tau bahwa di Sumbawa ada, mudah-mudahan dengan yang saya posting disosial media inilah saatnya. Kita beli produk Sumbawa, kita bela produk sumbawa dan kita cintai produk Sumbawa,” jelasnya.

“InsyaAllah dalam waktu dekat dalam pembahasan, saya akan memimpin semua komisi ke Desa Marente. Selanjutnya kami akan memimpin semua komisi ke titik atau sentra UMKM yang ada itu. Dan kami akan bersurat ke masing-masing camat, Desa untuk menyiapkan acara. Sehingga masyarakat tau teman-teman DPR datang dan menjadi semangat para pelaku usaha tersebut untuk berkerasi,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...