oleh

Menjaga, Membangun dan Memajukan Daerah Melalui Perpustakan Sekolah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa Ir. H. Iskandar D, M.Ec,Dev secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Sekolah, Senin (18/11) di Aula Hotel Sernu Raya. Turut hadir pada kegiatan tersebut Pimpinan OPD dan Para Kepala Sekolah Peserta Bimtek.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa para pengelola perpustakaan sesungguhnya akan melayani orang-orang yang menjalankan perintah Allah SWT. Karena wahyu pertama yang diturunkan Oleh Allah SWT adalah sebuah perintah untuk membaca (Iqra). Dikatakan, situasi terakhir ini mengindikasikan bahwa tidak terlalu banyak lagi orang yang gemar membaca. Oleh karena itu, budaya membaca bagi peserta didik merupakan langkah awal yang wajib ditumbuhkan dan bila perlu menjadi semangat hidup dengan pembiasaan-pembiasaan yang semakin lama semakin kuat dan mengakar.

“Semangat dan tuntutan untuk menjalankan kewajiban itu juga sangat kuat, saya kira dengan kebiasaan membaca itu akan semakin lama semakin menjadi kecintaan dan kemudian seolah-seolah hidup tidak lengkap tanpa membaca”. Ujarnya

Disampaikan, bahwa pada hakikatnya kata Iqra di dalam Al-Qur’an tidak hanya diterjemahkan sebagai perintah untuk membaca saja, tetapi terdapat minimal empat makna besar yang terkandung di dalam kata Iqra yang diperintahkan kepada umat manusia oleh sang pencipta, diantaranya bagaimana cara membaca, bagaimana cara mendalami apa yang dibaca, bagaimana cara memahami apa yang dibaca, dan bagaimana cara menyikap tabir.

Diakhir sambutannya, Bupati berharap agar ikhtiar ini semakin dapat digolarakan di dataran perpustakaan disetiap sekolah dalam rangka menjaga, membangun, dan memajukan daerah ini, minimal langkah pertama melalui pengelolaan perpustakaan sekolah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Irin Wahyu Indarni menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya bimtek pengelola perpustakaan adalah untuk meningkatkan kapasitas, kualitas, peran dan fungsi pengelola perpustakaan sekolah di dalam menumbuhkembangkan budaya gemar membaca bagi peserta didik melalui pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar.

Dikatakan, bahwa bimtek pengelola perpustakaan sekolah dilaksanakan selama 3 (tiga) hari. Adapun peserta bimtek berjumlah 40 (empat puluh) orang yang merupakan pengelolaa perpustakaan sekolah dari Kec. Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas, Moyo Utara, Moyo Hilir, dan Orong Telu yang terdiri dari 32 SD dan 8 SMP. (KS)

News Feed