oleh

Hari Ketiga, Pelamar CPNS Kabupaten Sumbawa Didominasi Tenaga Guru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Tahun anggaran 2020 telah resmi dibuka melalui portal sscan.bkn.go.id sejak tanggal 11 November lalu dan akan berkhir pada 25 November mendatang.

Khusus di Kabupaten Sumbawa, hingga hari ketiga, Rabu (13/11/2019) pukul 11.00 waktu setempat, sebanyak 93 orang pelamar yang telah mengunggah berkas lamarannya. Dari jumlah tersebut, tenaga guru mendominasi sebanyak 50 orang, kemudian 22 orang tenaga teknis dan 21 orang tenaga kesehatan.

iklan kampanye

“Perkembangan sampai hari ketiga jam 11.00 sebanyak 93 pelamar. Didominasi tenaga Guru,” ungkap Kepala Badan Kepegawai, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur, Budi Sastrawan, S.IP, M.Si, di ruang kerjanya.

Baca juga:  Lukman Malanuang: Caleg DPR-RI Incumbent Asal Sumbawa Tidak Amanah

Pelamar diperkirakan akan membeludak pada hari ke lima hingga akhir pendaftaran. Diperkirakan juga, pelamar tahun ini untuk CPNS Kabupaten Sumbawa akan meningkat daripada tahun tahun sebelumnya.

“Pelamar diperkirakan membeludak pada hari kelima keatas, trandnya naik di hari ke lima sampai batas waktu. Perkiraannya yang mendaftar, kalau kita lihat 2018 sekitar 5000 pelamar, sekarang kami perkirakan naik 50% sekitar 6000 lebih pelamar untuk 2019 ini. Sudah ada juga beberapa calon pelamar yang sudah menghubungi kami dari luar Daerah,” ungkap Budi.

Lanjutnya, setelah pendaftaran tahap selanjutnya yakni seleksi adminstrasi yang dilakukan pada bulan Desember. Selanjutnya, pelamar diberi kesempata untuk melakukan sanggahan pada bulan Januari 2020 selama 10 hari, yakni 3 hari masa sanggah dan 7 hari masa jawab dari panitia.

Baca juga:  FORKOM-P Desa Jorok, Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba.

Selanjutnya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilakukan pada bulan Februari. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan bulan Maret. Kemudian integrasi nilai SKD dengan SKB dilakukan pada bulan April.

“Seluruh proses tahapan pelaksanaan CAT CPNS 2019 ini dijadwalkan akan berkhir di bulan april 2020,” pungkasnya. (KS/aly)