Operasi Zebra 2019 Berkahir, Polres Sumbawa Peringkat II Penindakan Pelanggaran

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Polres Sumbawa melalui Satuan Lalulintas mengakhiri kegiatan Operasi Zebra Gatarin 2019, Selasa (05/11/2019) pukul 24.00 wita kemarin. Operasi telah digelar selama 14 hari sejak 23 November lalu.

Operasi yang bertujuan untuk menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas menjelang hari raya Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 itu, telah menjaring sebanyak 4.295 pengendara yang melanggar. Sebanyak 3879 ditilang dan 416 mendapat teguran simpatik. Angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Sedangkan dalam hal kasus Laka Lantas pada saat pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2019, terdapat penurunan dari tahun 2018 sebanyak 4 kasus menjadi 2 kasus, dengan korban Meninggal dunia 1 orang, Luka Berat 2 orang, dan Luka Ringan 1 orang serta kerugian material sebanyak Rp. 2.500.000,- .

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP. Bowo Tri Handoko, SE., SIK

Kasat Lantas Polres Sumbawa AKP. Bowo Tri Handoko, SE., SIK., Rabu (06/11/2019) di ruang kerjanya mengatakan, dari hasil analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2019, untuk tingkat pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Sumbawa masih didominasi adanya pelanggaran tidak gunakan helm SNI baik pengemudi maupun penumpang, mengemudikan kendaraan bermotor tidak dilengkapi dengan surat2 kendaraan serta kendaraan yg tidak sesuai syarat teknis kendaraan seperti, knalpot tidak sesuai standar pabrikasi, tidak ada spion, atau ban dengan ukuran kecil.

Baca juga:  Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

“Polres Sumbawa telah melaksanakan kegiatan Operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Gatarin 2019 selama 14 hari dimulai tanggal 23 Oktober 2019 sampai dengan 5 November 2019. Kegiatan Operasi ini telah dinyatakan berakhir pada tanggal 5 November 2019 pukul 24.00 wita. Pelanggarannya beragam, dominan tidak menggunakan helm,” ungkap Kasat.

Lanjut Kasat, dari hasil keseluruhan tingkat Polda NTB, Polres Sumbawa menempati peringkat ke II dalam hal penindakan pelanggaran. Menurutnya, hal tersebut berdasarkan hasil kerja keras seluruh anggota yang terlibat dalam operasi tersebut.

“Untuk Polres Sumbawa menempati peringkat 2 besar dalam hal penindakan pelanggaran, setelah Polres Lombok Tengah, Polres Sumbawa, dan Polres Lotim. Hal ini merupakan tidak lepas dari kerja keras seluruh anggota yang terlibat Operasi Zebra Gatarin 2019 untuk terus menyadarkan masyarakat untuk selalu mematuhi aturan tata tertib lalu lintas sesuai ketentuan yg sudah ada,” terangnya.

Baca juga:  Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Meski Operasi Zebra 2019 telah berkhir, ia menghimbau kepada masyarakat Sumbawa agar tetap mematuhi aturan lalu lintas, sebab dengan menaati aturan lalu lintas. Ia juga berharap angka kecelakaan lalu lintas dapat terus menurun.

“Walaupun kegiatan telah berakhir bukan berarti kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas terus mengendor, dengan ada atau tidak adanya operasi lalu lintas kamseltibcarlantas, harus tetap terjaga sampai dengan nanti pelaksanaan hari raya raya Natal dan malam tahun baru 2020. Jumlah angka kecelakaan lalu lintas juga diharapkan terus menurun, hal ini bisa terjadi jika masyarakat pengguna jalan tetap mematuhi aturan lalu lintas,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Sumabwa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepolisian Resor Sumbawa melalui Sat...

Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tidak butuh waktu lama bagi...

Tim Gabungan Amankan Kayu Diduga Hasil Illegal Logging

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Operasi Gabungan (Opgab) TNI -...

Cegah Ilegal Logging, Tim Gabungan Amankan 32 Balok Kayu

Lunyuk, Kabarsumbawa.com - Tim Gabungan dari Polisi Kehutanan Plara...