oleh

Pemda Sumbawa Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc., bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Senin (28/10/2019). Turut hadir, Sekda Kab. Sumbawa, Anggota Forkompimda, Pimpinan OPD, unsur TNI dan Polri, ASN, dan berbagai organisasi pemuda se Kabupaten Sumbawa.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainudin Amali, SE., M.Si., dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc. menyatakan, bahwa Hari Sumpah Pemuda Ke-91 yang mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

iklan

Dikatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain, tegasnya, perkembangan tersebut mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme masuk dengan mudahnya.

Baca juga:  Tingkatkan Informasi Potensi Daerah, Bupati Himbau OPD Aktifkan Medsos

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, ungkapnya, adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, ujarnya.

Disampaikan juga, bahwa pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, dan berharap ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda Indonesia yang mendunia. “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia” tutupnya.

Baca juga:  158 Tenaga Kesehatan di Sumbawa Terima SK Pengangkatan CPNS

Selanjutnya acara dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, antara lain, Pemilihan Pemuda Pelopor 2019, Lomba Kreativitas Pemuda, Pemilihan Peserta Jambore Pemuda Indonesia, Lomba Perpustakaan Desa, serta Lomba Penulisan Sejarah Lokal Sumbawa. (KS)

iklan