Pemkab Bengkalis Pelajari Tata Kelola Kecamatan di Kabuapten Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa Dr.H. Muhammad Ikhsan M.Pd menerima secara resmi kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau di Lantai III Aula Kantor Bupati Sumbawa pada Kamis pagi ( 24/10/2019). Turut hadir staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD dan para Kabag Setda Kab. Sumbawa, camat moyo Utara dan Camat Lunyuk serta rombongan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten sumbawa, menyampaikan ucapan selamat datang kepada asisten pemerintahan kabupaten bengkalis beserta rombongan di daerah kami tana’ samawa yang bermottokan “sabalong samalewa” ini, yakni membangun secara serasi dan berimbang antara jasmani dan rohani, dunia dan akhirat, dengan motto Pemerintahan kami saat ini yaitu : “Sumbawa Hebat dan Bermartabat”. Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa mendapatkan kunjungan dari bapak/ibu sekalian. Kami pun merasa bersyukur dengan dipilihnya kabupaten sumbawa sebagai lokasi orientasi kerja yang berkaitan dengan optimalisasi pelayanan publik, Pemerintahan dan kemasyarakatan di lingkungan Pemerintah Kecamatan.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Bupati menyampaikan bahwa secara administratif, Kabupaten Sumbawa terbagi dalam 24 kecamatan, 157 desa dan 8 kelurahan. Sedangkan jumlah penduduk menurut data terkini sebanyak 514.063 jiwa, dengan jumlah penduduk asli (etnis samawa) mencapai sekitar 68%, selebihnya adalah berasal dari etnis Bugis, Makassar, Bali, Sasak (Lombok), Jawa, Sunda, Madura, Mbojo (Bima/Dompu), Minang, Melayu, Batak, Sumba/Timor, Tionghoa dan Arab, sehingga bisa dikatakan daerah kami bagaikan miniatur Indonesia. Dengan kondisi masyarakat Sumbawa yang cukup heterogen tersebut, tidak membuat daerah kami rentan akan perpecahan. Hal tersebut tidak lepas dari karakter dan kultur masyarakat sumbawa yang begitu terbuka dan egaliter dengan semangat kearifan lokal yang kami miliki yaitu saling beri (saling menyayangi), saling pendi (saling mengasihi), saling sakiki (saling tolong-menolong) dan saling satingi (saling menghormati).

Bupati berharap kepada segenap jajaran unit kerja terkait agar dapat memberikan informasi dan data-data yang diperlukan, sehingga rombongan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat memperoleh bahan perbandingan atau bahkan masukan yang berharga. Selain itu, saya juga berharap melalui forum ini akan tercipta dialog atau interaksi informasi antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan rombongan pemerintah kabupaten bengkalis, sehingga kita bersama-sama dapat saling memberi dan menerima informasi yang berguna bagi pembangunan di daerah kita masing-masing.

Baca juga:  PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakan oleh Asisiten Pemerintahan Sekda Kab. Bengkalis Dra. Hj. Umi Kalsum,M.Si menyampaikan bahwa adapun maksud kedatangannya ke Kabupaten Sumbawa adalah untuk mempelajari serta memperoleh informasi tentang mekanisme dan tata cara pelaksanaan dalam penyelenggaran Pemerintahan Kecamatan di Kabupaten Sumbawa dalam upaya meningkatkan pelaksanaan tugas kecamatan tentang inovasi yang diterapkan dalam mendukung pelaksanaan pelayanan ditingkat Kecamatan. Kami juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa mau berbagi informasi terkait pengembangan berbagai optimalisasi dan inovasi dalam menyelenggarakan program pembangunan yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (KS/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...