oleh

Hingga Hari Kedua, Polres Sumbawa Tilang Ratusan Pengendara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Lantas Polres Sumbawa menggelar Operasi Zebra Gatarin 2019. Meski baru dua hari digelar, ratusan pelanggar lalulintas telah terjaring dalam operasi tersebut.

Kasatlantas Polres Sumbawa, AKP Bowo Tri Handoko SE., S.IK mengatakan, sebanyak 402 pelanggaran lalulintas terjaring dalam dua hari ini (23—24 Oktober). Dari sejumlah pelanggaran tersebut, 335 di antaranya ditindak langsung (tilang), sementara sisanya 67 pelanggaran diberikan teguran simpatik.

iklan kampanye

Lanjut Kasat, Operasi Zebra ini dilaksanakan dua kali dalam sehari dengan menerjunkan sebanyak 55 personil terdiri dari personil Satgas Gakkum, yang diback-upProvost Brimob dan personil POM TNI AD/IX 2-1 Sumbawa.

Baca juga:  Takbiran Idul Adha, Mobil Seruduk Polisi, Warga, dan Conter Hp

Pada hari pertama, Rabu (23/10/2019), operasi dilaksanakan di Jalan Hasanuddin depan eks Kantor DPRD Sumbawa. Dalam operasi hari pertama ini, terjaring 175 pelanggaran, 135 di antaranya ditilang karena dinilai melakukan pelanggaran yang berpotensi terjadinya kecelakaan, dan 40 pelanggaran yang diberikan teguran simpatik. Selanjutnya operasi pada hari kedua, Kamis (24/10), operasi dilaksanakan di Jalan Garuda. Tercatat 230 pelanggaran, sebanyak 203 ditilang dan 27 diberikan teguran.

“Sasaran dari operasi ini adalah kelengkapan surat-surat berkendara, jadi kami himbau masyarakat untuk melengkapi diri dan kendaraannya dengan surat-surat sesuai ketentuan yang berlaku, serta mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas untuk menciptakan masyarakat Sumbawa yang tertib, hebat dan bermartabat,” pungkasnya.

Baca juga:  Identitas Terduga Pelaku Pemerkosaan di SAMOTA Perlahan Terungkap

Untuk dikatahui, Operasi Zebra Gatarin 2019 akan digelar selama 14 hari kedepan. Dimana, Oprasi telah dimulai sejak Rabu 23 Oktober, akan berakhir pada tanggal 05 November mendatang.

Selain bertujuan untuk menciptakan Keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas), juga untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Sumbawa. Karenanya pelanggaran harus ditekan agar kecelakaan dapat diminimalisir. (KS/aly)