oleh

BNN Sumbawa Dorog Cakades Dites Urine

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupeten Sumbawa mendorong para Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan mengikuti Pilkades 2020 mendatang, untuk dilakukan tes urine.

Hal tersebut pandang penting dilakukan agar para calon kades ini dipastikan benar-benar bersih dari narkoba.

iklan

“Bukan tujuannya untuk mencurigai, tapi kita ingin agar calon kita bersih dari Narkoba,” kata Nursaprudin Kepala Seksi Pencegahan dan Dayamas BNN Sumbawa, kepada awak media, Kamis (24/10/2019) di kantor BNN setempat.

Dikatakan, terkait hal tersebut, ia mengaku bahwa pihaknya sejak lama telah melakukan advokasi terhadap Dinas. Namun hingga saat ini belum ada respon dari Dinas yang dimaksud.

Baca juga:  KPUD Sumbawa Seleksi Calon Anggota PPK

“Dinas terkait kita harap responsip karena jangankan yang lain, Kita sudah beberapa kali advokasi namun belum ada reskpon, tapi kalau kepala Dinas yang baru ini belum kita komunikasikan,” ungkapnya.

“Calon Bupati saja di Tes, kenapa Kades tidak dites. Apalagi dengan banyaknya anggaran disana, yang maaf bisa saja disalahgunakan. Kenapa tidak kita lakukan upaya pencegahan. Bila perlu juga perangkat Desa juga dites urine,” sambungnya.

Ia berahap, pihak Pemerintah Daerah menyediakan regulasi terkait hal tersebut. Sehingga pihaknya memiliki dasar untuk melakukan tindakan yang dimaksud.

“Paling tidak kita harapkan ada kebijakan dari Pemerintah Daerah, mungkin Dinas terkait mencantumkan persyaratan Cakades harus bebas Narkoba. Nanti ketika mereka positif, maka kita akan coba bagaimana mereka bisa terbebaskan dari narkoba yakni dengan melakukan rehabilitasi,” pungkasnya. (KS/aly)

iklan