oleh

Apresiasi Program KKN Tematik Adminduk, KOMPAK dan Pemkab Sumbawa Beri Penghargaan

Sumbawa, kabarsumbawa.com -Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Australia-Indonesia (Kompak) wilayah NTB dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa memberikan penghargaan kepada mahasiswa KKN Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Program KKN Adminduk di acara Lokakarya Forum Berbagi Pengalaman (Pelaksanaan KKN Tematik untuk Desa Tuntas Adminduk Kabupaten Sumbawa) bertempat di Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa, Selasa (22/10).

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi yang terlibat dalam Program ini, diantaranya Universitas Samawa, Universitas Teknologi Samawa, Institut Ilmu Sosial Budaya Samawa Rea (IISBUD SAREA), STKIP Para Cendikia, STAI NW Samawa, KOMPAK dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Acara ini digelar mengingat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk desa tuntas kependudukan memiliki posisi yang strategis untuk turut membantu mensukseskan perencanaan kependudukan dan perlindungan sosial di daerah yang belum tuntas Administrasi Kependudukan (Adminduk) nya.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi salah satu bagian dari proses evaluasi LPPM Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai persoalan dan pengalaman selama pelaksanaan KKN Adminduk. Kegiatan KKN Adminduk sendiri diprakarsai oleh Kompak NTB bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan LPPM Perguruan Tinggi.

Susana Dewi selaku Provincial Manager Kompak NTB menyampaikan apresiasinya kepada LPPM dan mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atas upaya mereka dalam membantu mengumpulkan dan mencatat data Adminduk khususnya di desa-desa lokasi KKN Adminduk. “Dengan kehadiran mahasiswa KKN ini, bisa berkontribusi dalam membantu melahirkan desa tuntas kependudukan dan ini merupakan kolaborasi yang harus terus berlanjut, mengingat Kabupaten Sumbawa memiliki Desa-desa yang belum menjadi lokasi adminduk” tutur Susan.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa kehadiran mahasiswa KKN memberikan kontribusi yang cukup signifikan tidak hanya dalam membantu mengumpulkan data Adminduk namun juga bisa turut berkontribusi dalam menekan angka pernikahan dini dan membantu menaikkan Indeks Prestasi Manusia (IPM) melalui kegiatan edukasi di daerah yang menjadi lokasi penempatan KKN.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri, MM juga menyampaikan apresiasinya kepada LPPM Perguruan Tinggi yang terlibat atas kesuksesannya mengarahkan dan mendampingi mahasiswa KKN Adminduk sehingga bisa berkontribusi dalam menuntaskan permasalahan Adiminduk di desa-desa.

“Pemerintah Kabupaten berharap Perguruan Tinggi senantiasa menjunjung Tri Dharma Perguruan tinggi dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah” pesannya.

Bentuk apresiasi Kompak dan Pemkab Sumbaawa dalam kegiatan KKN tersebut adalah dengan memberikan piagam penghargaan Dosen Pembimbing Lapangan dan mahasiswa KKN Adminduk yang telah suskses menjalankan Program tersebut.

News Feed