oleh

OPS Zebra Gatarin 2019, Targetkan Pengendara Di Bawah Umur

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Satuan Lantas Polres Sumbawa Barat akan menggelar Operasi Zebra Gatarin 2019. Operasi akan digelar selama 14 hari, mulai dari 23 Oktober hingga 05 November 2019 mendatang.

Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat, IPTU Putu Gede Caka PR SIK., mengungkapkan, operasi digelar guna menertibkan pengendara kendaraan bermotor yang melanggar lalu-lintas. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas di jalan raya.

Ia mengimbau kepada pengendara kendaraan bermotor, untuk dapat melengkapi diri dalam berkendara. Dalam arti, membawa kelengkapan berupa surat resmi serta kelengkapan teknis kendaraan.

“Tujuan operasi ini untuk tertib administrasi kendaraan bermotor dan meningkatkan kesadaran berlalu-lintas,” tegasnya.

Baca juga:  Sebuah Lahan Kering di Simpang Boak Terbakar

Lanjut Caka akrab Perwira Muda ini disapa, target Operasi Zebra Gatarin 2019 yakni pengemudi yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kemudian pengemudi yang SIM-nya tidak sesuai dengan kendaraan atau peruntukan.

“Pengemudi di bawah umur juga menjadi sasaran. Selain itu, pengendara melawan arus, menerobos lampu merah, pengemudi melanggar rambu/marka dan tidak menggunakan helm SNI juga ditindak.” Imbuhnya.

Untuk sasaran benda yakni kendaraan yang memasang lampu isyarat lalu-lintas. Seperti rotator atau strobo. Kendaraan yang melanggar berat muatan akan ditindak. Juga kendaraan yang tidak sesuai peruntukan dan laik jalan. Serta kendaraan yang melanggar peraturan undang-undang lalu lintas lainnya.

Baca juga:  Besok, Jokowi Kunjungi Korban Gempa Lombok

“kepada masyarakat, saya harap sebelum operasi ini digelar, agar dapat melengkapi diri dengan surat resmi dan kelengkapan kendaraan. Serta menaati segala aturan berlalu-lintas. Demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu-lintas di Kabupaten Sumbawa Barat,” pungkasnya.(KS/yud)

News Feed