Lokasi Pembangunan PLTU Sumbawa II Bakal Dialihkan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumbawa II bakal dilaihkan. Dimana lokasi semua direncanakan di Desa Gapit, Kecamatan Empang, berdasarkan hasil penelitian dari pihak BPN, bahwa lokasi tersebut tidak jelas kepemilikannya sebagai dasar diterbitkannya peta bidang.

Hingga saat ini rencana pembangunan PLTU Sumbawa II di Kecamatan Empang terjadi kebuntuan. Selama ini tidak ada kepastian kelanjutan pembangunan, menyusul adanya konflik kepemilikan lahan oleh dua kelompok masyarakat.

Kabag Pertanahan Setda Sumbawa, Khaeruddin menyampaikan, Tim Kanwil BPN pun sudah turun untuk mengecek kondisi rill di lapangan atas pengakuan kepemilikan lahan tersebut. Namun dari penelitian yang dilakukan, tidak ditemukan adanya bekas pengolahan lahan di lokasi setempat.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

“Artinya tidak ada yang menandakan bahwa tanah dimaksud pernah dimanfaatkan untuk memperkuat sporadik,” ungkapnya.

Lanjut Kabag, atas dasari itu, BPN tidak berani mengeluarkan peta bidang, karena dikhawatirkan akan terjadi permasalahan. Seperti yang pernah terjadi di daerah lain, pejabat BPN tersangkut persoalan hukum.

“BPN tidak berani mengeluarkan peta bidang melihat kondisi itu,” ujarnya kepada wartawan baru-baru ini.

Dijelaskannya, terkait hal ini sudah dilakukan pertemuan oleh Kanwil BPN bersama Bupati Sumbawa, PLN, Kejaksaan, Kepolisian, TNI dan pejabat terkait lainnya. Dari diskusi yang dilakukan ada beberapa opsi yang ditawarkan. Namun dengan kondisi yang ada, lahan tersebut tidak bisa dijustifikasi sebagai tanah milik perorangan. Karena tidak ada bukti bekas pengolahan sebagai penguat kepemilikan.
Sehingga, kesimpulan akhirnya PLN memutuskan untuk tidak melanjutkan pembangunan di lokasi tersebut. Meskipun demikian, diharapkan rencana pembangunan dapat dialihkan ke lokasi lain.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

“Kesimpulan akhirnya PLN akan hengkang, memutuskan untuk tidak melanjutkan di situ. Direncanakan kedepan untuk meneliti lokasi lain yang lebih aman. Karena kami mengharapkan jangan hengkang dari Kabupaten Sumbawa rencana itu. Tetapi karena akhir Desember harus selesai semua perencanaan keuangannya. Sehingga perlu perencanaan baru lagi, BPN meneliti lagi mana lokasi yang layak untuk didirikan oleh pihak ketiga dan PLN. Baru nanti kita teliti ulang lagi mulai dari nol,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...