oleh

Mulai Dikerjakan, Pembangunan Dermaga Medang 29 Persen

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan dermaga Pulau Medang, Kecamatan Labuhan Badas telah dikerjakan sejak, 25 September lalu. Saat ini, progress pembangunannya mencapai 29 persen.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumbawa, Abdul Asis, ditamui, Kamis (03/10/2019) di Sumbawa mengatakan, pembangunan dermaga Pulau Medang, saat ini telah terpasang sebanyak 26 dari 84 tiang pancang. Pemasangan tiang pancang diperkirakan akan selesai pada tanggal 8 Oktober mendatang. Selanjutnya akan dilakukan pemasangan balok precast diatas tiang pancang, selanjutnya pemasangan Causeway yakni perantara jembatan ke daratan.

“Tanggal 25 kemarin sudah mulai pemasangan tiang panjang kondisi sekarang sudah 26 tiang pancang yang terpasang dari 84 yang harus dipasang. Dengan pemasangan 26 tiang pancang ini sekitar 29 persen untuk progras fisik. Karena progress fisik itu dihitung bukan karena berapa tiang pancang yang terpasang melainkan berapa material itu yang tersedia,” jelasnya.

“Seperti beton tariknya yang dipasang diatas tiang pancang itu sudah selesai, tinggal menunggu selesai pasang tiang pancang, balok itu akan dilatakan diatasnya. Pemasangan tiang pancang sampai tanggal 8 Oktober, selanjutnya langsung pasang balok Precast yang dipasang diatas tiang pancang, baru Causeway yang dipasang,” sambungnya.

Lanjutnya, pekerjaan yang diperkirakan memakan waktu cukup lama yakni pemasangan Causeway, sebab pemasangannya membutuhkan tanah urug, batu dan material lainnya. Namun, material tersebut tidak menggunakan material yang ada di Sumbawa melainkan didatangkan dari Surabaya menggunakan kapal tongkang.

“Disitu ada tanah urug, batunya bukan dari sini tapi dikirim dari Surabaya, sekarang tongkangnya masih ada di Surabaya, setelah ini sudah dipasang, maka akan berangkat,” terangnya.

Sambung Asis, meski siswa waktu lumayan sempit yakni sampai tanggal 6 Desember medatang, pihaknya tetap optimis pembangunan dermaga yang bersumber dari DAK tersebut akan selesai tempat waktu.

“Dengan sisa waktu sampai 6 Desember saya optimis bisa terkejar, karena tenaga kerja sudah berpengalaman, kalau tidak terkejar maka pembangunan Causeway akan bersamaan dengan balok Pracaht,” pungkasnya. (KS/aly)

berita TERKKINI