oleh

Kemarau Panjang, Bupati Instruksikan Camat Gelar Sholat Minta Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia sejak beberapa bulan terakhir hingga kini terus meluas, tak terkecuali di Kabupaten Sumbawa.

Bahkan kondisi ini telah mengakibatkan kekeringan dan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang cukup besar di beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa. Sampai dengan tanggal 31 Agustus kemarin, terdapat 25 kejadian kebakaran hutan dan lahan yang ditangani Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sumbawa.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc melalui surat instruksi nomor 106/HUMASPRO/X/2019 menginstruksikan para Camat di Kabupaten Sumbawa untuk melaksanakan Shalat Istisqa’ (shalat meminta hujan) di lapangan terbuka atau mesjid-mesjid jami’ bersama seluruh masyarakat di wilayah kecamatan masing-masing secara serempak pada hari Senin, 7 Oktober 2019, dan Melakukan istisqa’ (meminta hujan) kepada Allah dengan berdo’a pada waktu khutbah jum’at di kecamatan masing-masing.

Selain itu, bupati juga minta para Camat untuk menghimbau masyarakatnya agar tidak membuka lahan dengan cara melakukan aktivitas pembakaran, terutama pada lahan yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan karena dikhawatirkan kebakaran dapat merambat ke kawasan hutan, dan menghimbau masyarakat untuk segera melapor ke petugas berwenang jika mengetahui kejadian kebakaran hutan dan lahan. (KS)

berita TERKKINI