oleh

400 Pemancing Meriahkan Fishing Tournament Fesmo 2019

Sumbawa, kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa menggelar Fishing Tournament rangkaian Festival Pesona Moyo 2019.

Pada tahun ini terdapat 400 pamancing yang mengikuti kompotesi di Pantai Goa kec. Labuhan Badas, sabtu 21/9/2019.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Dirmawan mengatakan bahwa jumlah peserta tahun lalu hanya sekitar 178 dan Alhamdulillah tahun ini sudah terdaftar 400 peserta dengan angka kenaikan 100 persen.

Lanjut Dirmawan, di Nusa Tenggara Barat potensi perikanan terbesar itu ada di sumbawa, kita memiliki 2 wilayah pengolahan perikanan, ada pengolahan perikanan 713 yang meliputi laut flores termasuk teluk saleh dan sekitarnya dan pengolahan perikanan 573 meliputi samudra hindia.

Tapi yang paling besar kita manfaatkan sekarang adalah 713 dimana hampir semua ikan ekspor baik yang diekspor dari Sumbawa, Bali maupun Jawa itu dihasilkan oleh wilayah pengolahan 713., aku Dirmawan.

Baca juga:  Sumbawa Terapkan PPKM Mikro, Begini Aturannya

Di tahun 2018, kita sudah mengekspor lebih kurang 55,7 ton ikan yang sudah diproses di PT Bali Sea food internasional dengan tujuan Amerika. Tahun 2019 sampai dengan hari ini 176 ton yang kita ekspor ke Amerika dan Filifina 6 ton., kata Dirmawan.

Bupati Sumbawa yang yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan fishing tournament sebagai bagian dari rangkaian kegiatan festival pesona moyo 2019.

“Kegiatan ini mempunyai nilai yang sangat penting dan strategis sebagai salah satu wahana meningkatkan nilai-nilai budaya kelautan dan wawasan maritim kepada masyarakat dan sekaligus sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya pesisir dan laut sebagai sumber ekonomi dan sumber kehidupan.

Baca juga:  Daftar Ulang SKB CPNS Awal Agustus

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Negara kita Indonesia tercinta merupakan negara kepulauan dengan panjang garis pantai sekitar 104.000 kilometer atau terpanjang kedua di dunia dengan 17.499 pulau, memiliki potensi ekonomi kelautan dan perikanan yang sangat besar. oleh karena itu, pembangunan berbasis sumber daya kelautan dan perikanan diharapkan dapat menjadi motor penggerak pembangunan nasional.

Turut hadir pada kompetisi tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kab. Sumbawa, Basarnas Provinsi, Perwakilan TNI AL, Camat Lab. Badas. (ks/adm)

Komentar