oleh

Bupati Buka Pildacil Ke-13 Tingkat Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM, membuka secara resmi Pemilihan Da’i dan Dai’yah Cilik (Pildacil) ke 13 tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2019 dibuka pada Selasa malam (17/9) di halaman Kantor Camat sumbawa.

Selain Pildacil, kegiatan lomba yang digelar Pemerintah Kecamatan Sumbawa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa ini juga melombakan Syarhil Quran dan Qosidah Rabana yang akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 21 September 2019.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan lomba ini, mengingat pengetahuan agama memang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita, sebab menurut bupati, syi’ar agama islam tak hanya harus dilakukan oleh orang dewasa, tetapi anak-anak pun bisa menyampaikan dakwah tentang kisah-kisah teladan.

Ditambahkan, selain sebagai upaya membangun generasi muda Sumbawa yang hebat dan bermartabat, kegiatan Pildacil, Syarhil Qur’an dan Qosidah Rabana ini juga diharapkan dapat menghidupkan kembali nuansa keagamaan di tengah-tengah masyarakat. “Kegiatan ini adalah media dakwah dan syi’ar keagamaan yang efektif, yang secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan sumber daya manusia di daerah kita” ucap Bupati.

Untuk itu, Bupati berharap upaya ini dapat terus dilakukan mengingat tantangan yang harus dihadapi oleh para generasi muda islam di zaman ini adalah tantangan krisis moral yang dapat mengakibatkan rusaknya tatanan sosial.

Sebelumnya Camat Sumbawa, Hikmawan, S.H., M.Si., yang bertindak sebagai ketua umum penyelenggara dalam laporannya menyampaikan kegiatan Pildacil, Lomba Syarhil Quran dan Lomba Qosidah Rabana ini digelar dengan tujuan untuk menegakkan syiar islam di kalangan masyarakat, disamping itu juga untuk mencari generasi penerus yang memiliki mental dalam penegakan syiar islam yang rahmatan lil’alamin.

Disampaikan, kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 1309 tahun 2019 Tentang Penetapan dan Penunjukan Dewan Juri Pemilihan Da’i dan Da’iyah Cilik, Lomba Syarhil Quran dan Lomba Qosidah Rabana tahun 2019, dan juga Surat Keputusan Bupati Nomor 1310 yang menetapkan kepanitian lomba tersebut.

berita TERKKINI