oleh

Poteng Pernek Manjakan Lidah Peserta Sail

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pesert Wonderful Sailvto Indonesia 2019 berkesempatan mengunjungi Pasar Potengan di Desa Pernek, Kecamatan Moyo Hulu, Minggu (15/9).

Kesempatan itu, peserta sail untuk berbelanja kuliner berbahan dasar poteng yang dijual oleh masyarakat setempat. Selain dimanjakan dengan produk poteng, juga ada berbagai makanan khas lainnya, di pasar potengan ini juga disajikan proses pembuatan serta bahan yang digunakan.

Salah satu peserta sail asal Belanda Pollins mengaku sangat senang mengunjungi Pasar Potengan. Karena selain konsepnya kebudayaan, juga terkesan dengan keramahtamahan masyarakat setempat. Terhadap produk yang disuguhkan, ia sudah membelinya karena penasaran ingin menikmatinya.

“Ini bagus banget acaranya, karena konsepnya kebudayaan. Kami juga disuguhkan budaya dan keramahtamahan (masyarakat) juga. Walaupun produk ini saya tidak tahu, saya tetap beli. Saya tetap nyoba karena penasaran,” sebutnya.

Baca juga:  Tempat Kebudayaan Populer Terbaru Hong Kong yang Harus Dikunjungi Berada di Old Town Central

Menurutnya, selain Pasar Potengan, dirinya juga sudah ke Labuhan Jambu. Rencananya ia ingin mengunjungi Pulau Moyo dan ingin mendapatkan sensasi melihat langsung Hiu Paus. Nantinya, ia akan mempromosikan Sumbawa yang terkenal dengan keramahtamahannya.

“Tahun depan saya gak bisa ke sini. Karena saya akan ke Afrika Selatan. Tapi saya bakal promosikan ke semua orang kalau di Sumbawa ini terkenal dengan keramahtamahan,” terangnya.

Sementara Emy Cartwright, wisatawan asal Inggris juga terkesan dengan keramahtamahan masyarakat setempat. Sehingga dia merasa senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Setelah mengunjungi Pasar Potengan, ia bisa mengenal berbagai makanan Sumbawa serta cara pembuatannya. Terutama makanan Poteng yang disuguhkan.

Baca juga:  Tadarus Puisi di Balai Budaya Rejosari

“Saya sebenarnya tidak tahu Sumbawa itu di mana. Tapi diundang sama pihak pariwisata buat datang ke sini. Saya kaget kok seramah ini (masyarakat). Saya juga tertarik dengan Hiu Paus dan Barapan Kebo, Poteng. Nanti saya bakal share di facebook dan instagram,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Iskandar D, M.Ec. Dev menyebutkan ada 37 wisatawan peserta kapal yacht yang dibawa ke Pasar Potengan. Pihaknya ingin memperkenalkan kepada para peserta bahwa Sumbawa mempunyai produk Poteng yang memiliki ciri khas rasa. Selain itu juga banyak produk jabarannya seperti Ai Poteng, Wajik dan berbagai ragam yang bersumber dari Poteng. (KS/aly)

Komentar