oleh

Damkar Sumbawa Siap Padamkan Karhutla

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi perhatian semua pihak. Termasuk dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sumbawa.
Dimana, petugas pemadam kebakar disiagakan 24 jam dan siap menjalankan tugas jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran jutan Waupun lahan. Sejuh ini, Damkar Sumbawa telah melakukan pemadaman dibeberapa titik karhutla.

“Kita siap melaksanakan pemadaman apabila terjadi kebakaran (Karhutla). Bukan hanya di lahan, tetapi pemukiman, dan tempat lain pun sesuai dengan tugas dan fungsi, kami siap untuk melaksanakan tugas itu. Kami siaga 24 jam setiap harinya,” kata Kepala Dinas Damkar Kabupaten Sumbawa, Tata Kostara, Jum’at (30/08/2019)

“Kita sudah pedamkan dibeberapa titik kejadian, diantaranya di lokasi Simpang Boak sudah tiga kali dilakukan pemadaman. Kemudian di lahan dekat Pantai Kencana sudah dua kali dan di wilayah Kecamatan Plampang,” lanjutnya.

Diharapkan kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan pembakaran lahan. Kalaupun dilakukan pembakaran dan pembersihan lahan, diminta untuk tetap dijaga dan diawasi. Sehingga Apinya tidak membesar dan merambat ke tempat lain. Terutama yang harus diwaspadai jika lokasinya berdekatan dengan perumahan penduduk. Karena sekarang ini sedang dalam puncak musim kemarau yang cukup berpotensi sebagai pemicu api untuk membesar.

“Kami harap bantuan masyarakat untuk sama-sama menjaga dan menginformasikan ketika ada kebakaran. Serta mensosialisasikan ke masyarakat yang lain apabila ada melakukan pembakaran,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed