oleh

45 Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 resmi dilantik, Senin (26/08/201). Pelantikan digelar di ruang sidang utama DPRD setempat.

Pelantikan terhadap 45 anggota DPRD tersebut, berdasarkan Surat Kepetusan Gubernur NTB 171.2-612 Tahun 2019 Tentang Peresmian dan Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Massa Jabatan 2019-2020.

Rapat Paripurna Pelantikan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2014-2019 H. Lalu Budi Suryata. SP. Sementara pengucapan janji dipandu oleh Kepala Pengadilan Negeri Sumbawa.

pelantikan dprd sumbawa tahun 2019Pada pelantikan itu juga, dilakukan penyerahan palu kepeminpinan dari pimpinan DPRD periode 2014-2019 kepada Pimpinan Sementara DPRD periode 2019-2024 dalam hal ini Abdul Rafiq selaku ketua dan Mohamad Ansori Wakil Ketua.

Turut hadir, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Pimpinan dan Angota DPRD 2014-2019, Penjabat Sekda Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Dandim 1607/SBW, anggota FKPD, Kepala OPD, Camat, Kades/Lurah, Toma, Toga, Toda, dan ratusan tamu undangan lainnya.

H. Lalu Budi Suryata, SP., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB, Bupati danWakil Bupati Sumbawa, FKPD, serta semua pihak yang telah bekerjasama dengan baik demi kepentingan masyarakat Sumbawa.
Selain itu,

Menurutnya, mementum pelantkan ini menjadi momentum penting bagi tau (orang) dan tanah Samawa, 5 tahun mendatang. Mengingat, fungsi dan kewenangan DPRD yang semakin luas dan signifikan menjadikan DPRD sebagai institusi yang menentukan corak pembangunan daerah ke depan. Bahkan kata dia, UU Pemerintahan daerah menyebutkan bahwa DPRD adalah penyelenggara pemerintah daerah yang memiliki kewenangan bersama-sama pemerintah daerah yaitu membentuk perda dan menyusun anggaran pendapatan dan lembelanjaan daerah. Oleh karena itulah DPRD dan Pemerintah Daerah harus memiliki kesamaan pandangan dalam melihat permasalahan daerah dan bekerjasama dalam menyelsaikannya.
Ia berhadap. anggota DPRD yang baru, agar segera bekerja dan menjalankan fungsinya dengan penuh amanah dan profesional untuk meningkatkan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan, akan sengat dibutuhkan dalam menunjang kinerja Anggota DPRD yang baru.

“Kami meyakini bahwa Anggota DPRD yang dilantik pada hari ini, akan mempu segera melaksanakan tugas sesuai dengan fungis dan kewenangan yang dimiliki. Permasalahan yang akan dihadapi semakin kompleks berdasarkan kebutuhan masyarakat yang semakin bergam,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah berpartisipasi dalam pemilu tahun 2019, sehingga berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan.

Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada Anggota DPRD massa jabatan 2014-2019 yang telah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan baik. Termasuk kepada KPU Sumbawa yang telah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik. Serta Bawaslu yang telah berupaya mengawasi pelimu sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak sehingga pemilu bisa berjalan dengan baik, jurur dan aman,” ujarnya.
Lanjutnya, untuk mejalankan tugas dan fungsi DPRD, diharapkan dukungan dan kerjasama yang konstruktif serta harmonis dari para anggota dewan dan semua pihak demi kelancaran pelaksaan tugas-tugas dewan.

Untuk itu, ia menegaskan, bahwa Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 bekomitmen dan bersungguh-sungguh mewujudkan DPRD Kabupaten Sumbawa yang lebih maju dan lebih baik, menciptakan cek and balance sistem secara kosntriktf dan produktif menuju Kabupaten Sumbawa Hebat dan Bermartabat.

“Kami menyadari untuk mewujudkan hal diatas tidaklah mudah, ditengah-tengah perestasi dan kinerja yang baik yang telah diciptakan oleh pimpinan dan anggota DPRD massa jabatan 2014/2019. Tapi kami yakin dengan konfigurasi DPRD yang baru yang berjumlah 45 orang ini merupakan putra putri terbaik kabupaten sumbawa yang merupakan pilihan rakyat,” pungkanya.

Kemudian Gubernur NTB dalam sambutan tertulisnya yang dibacamatan oleh Bupati Sumbawa H. M Husni Djibril, B.Sc., mengucapkan selamat mengemban tugas dan amanah rakyat, kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya untuk menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat, mewujudkan regulasi yang tepat dan bermanfaat, menentukan kebijakan fiskal daerah serta fungsi-fungsi pengawasan, dalam mengawal pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sumbawa.

Dikatakan, Kabupaten Sumbawa miliki banyak potensi, baik potensi pariwisata, pertanian, peternakan dan lain sebagainya, sehingga membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas bersama untuk mengelaborasinya, agar bisa membawa kemanfaatan yang besar bagi hajat hidup segenap lapisan masyarakat Sumbawa, serta guna mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk itu, diharapkan agar prestasi yang telah diraih oleh para wakil rakyat terdahulu dalam membangun Kabupaten Sumbawa, hendaknya bisa menjadi spirit dan motivasi untuk dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan menjadi prestasi yang lebih gemilang, yang lebih baik di masa-masa yang akan datang.

Adapun Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa yang dilantik hari ini yakni, Ridwan, SP – PKB, Drs. M. Ansori – Gerindra, Edy Syah Riansyah – PDIP, Gahtan Hanu Cakita – Golkar, Yuliana dari partai – Nasdem, Adizul Sahabudin – PKS, Achmad Fachri – PAN, M Yamin, SE., M.Si – Hanura, Syamsul Fikri AR, S.Ag.,M.Si – Demokrat,
Sukiman. K, S.Pd.I – PKB, Syaripuddin, S.Pd – Gerindra, Abdullah – PDIP, Ahmadul Kosasi, SH, Golkar, Edy Syaprudin – Nasdem, Hasanuddin, SE – Berkarya, Nanang Nasiruddin, S.Ap – PKS, Ahmad Adam – PPP, H. Mustajabudin – PAN, Muhammad Yasin, S.Ap – Demokrat, M. Ruslan – PKB, M. Faesal, S.Ap – Gerindra, Hj. Jamila, S.Pd – PDIP,
Hasanuddin HMS – Golkar, Syahrul, SE – Nasdem, Syaifullah, S.Pd – PKS, Muhammad Nur, S.Pd.I – PPP, Irwandi – Hanura, Budi Kurniawan, ST – Demokrat, Sri Wahyuni – PKB, M. Tahir – Gerindra, Abdul Rafiq – PDIP, Gitta Lisbano, SH.,M.Kn – PDIP, Berlian Rayes, S. Ag – Golkar, Bunardi, A.Md.Pi – Nasdem,
Ismail Mustaram, SH – PPP, H. Salman Al Farizy, SH – PAN, Cecep Lisbano, S.IP., M.Si – Hanura, Basaruddin, S.AP – Demokrat, Muhammad Saad, S.AP – PKPI, Hamza Abdullah – Gerindra, Dra. Saidatul Kamila Djibril – PDIP, Indrairawan, S.Pd – PKS, Junaidi – PPP Ida Rahayu, S.AP – PAN, dan Sri Wahyuni – Demokrat.

berita TERKKINI