oleh

Bupati Apresiasi Kegiatan Temu INOVASI Tingkat Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kegiatan Temu INOVASI tahun 2019 yang digelar atas kerjasama Pemerintah Propinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan INOVASI mendapat sambutan baik serta apresiasi dari Bupati Sumbawa.

Kegiatan yang berpusat di, Gedung Wanita Sumbawa, Kamis (22/08/2019) mengangkata tema “Kepemilikan dan Keberlanjutan Program Rintisan Inovasi Menuju Akselerasi Mutu Pendidikan”. Adapun peserta sekitar 300 orang dari berbagai unsur, yang menghadirkan nara sumber, Kadis Dikbud NTB, Kepala Bappeda Kab. Sumbawa, Kadis Dikbud Kab. Sumbawa, dan berlangsung selama sehari.

Turut menghadiri, Ketua dan Wakil Ketua, serta Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Ketua Dewan Pendidikan, para kepala sekolah dan guru se Kabupaten Sumbawa.

INOVASI, merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan jenjang pendidikan dasar.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya, yang disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin, Bupati menekankan beberapa hal kepada segenap pemangku kepentingan, khususnya yang terlibat dan bertanggungjawab atas kesuksesan pelaksanaan program INOVASI. Melalui kegiatan Temu Inovasi, Bupati berharap dapat mempertemukan para pemangku kepentingan, termasuk perwakilan lembaga pemerintah dan sekolah, untuk memamerkan berbagai praktik baik, kisah inspiratif, serta upaya untuk mengatasi tantangan pembelajaran, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

“Saya percaya bahwa secara individu, guru-guru kita di lapangan sebenarnya memiliki potensi untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran, yang perlu disiapkan adalah bagaimana menciptakan kondisi dan lingkungan yang memungkinkan potensi ini untuk dioptimalkan”, ujar Bupati.

Bupati berharap, agar periode yang tersisa dari pelaksanaan program INOVASI di Kabupaten Sumbawa, sampai dengan Desember 2019 mendatang, agar dimaksimalkan untuk memperkuat keberadaan dokumentasi, modul teknis ataupun melengkapi perangkat teknis, yang diperlukan untuk pengembangan ataupun replikasi praktik baik nantinya.

“Atas berbagai keberhasilan program INOVASI di Kabupaten Sumbawa, saya ingin menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendukung penuh, keberlanjutan dan penyebarluasan penerapan INOVASI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah”, pungkasnya.

H. Sahril, S.Pd., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sumbawa, yang juga selaku ketua panitia melaporkan, bahwa kehadiran INOVASI Fase 1 sejak Juni 2016 s.d. Desember 2019 di NTB, dan khususnya di Kab. Sumbawa, dalam rangka mengupayakan peningkatan hasil pembelajaran siswa, yang selaras dengan visi Kab. Sumbawa yaitu, meningkatkan kualitas SDM, melalui peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. (KS)

berita TERKKINI