oleh

Balap Sampan, Cara Warga Labuhan Pidang Meriahkan Hut RI ke 74

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berbagai cara dilakukan oleh warga Negara Indonesia dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh warga Labuhan Pidang, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Mereka menggelar lomba balap sampan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 74.

Lomba ini akan digelar selama 3 hari sampai tanggal 22 Agustus 2019 mendatang dengan system kecepatan, ketangkasan dan ketepatan finish diantara 2 race yang ditandai dengan 3 bendera yang ditancapkan dilaut. Dirgahayu Republik Indonesia

Balap sampanKegiatan dibuka secara langsung oleh Camat Tarano M. Tahkiq, SH pada Selasa (20/8/2019). Dalam sambutannya, ia memberi apresiasi kepada Panitia maupun dukungan Pemerintah Desa Labuhan Pidang yang telah menyelenggarakan kegiatan yang menghibur dan sarat dengan makna tradisi masyarakat pesisir.

“Kami berharap agar kegiatan-kegiatan semacam ini agar terus dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat atau Pemerintah Desa, mengingat wilayah kita di Kecamatan Tarano ini memiliki potensi kelautan yang sangat besar,” katanya.

Lebih lanjut Tahkiq, mengatakan bahwa Kecamatan Tarano yang berada dalam kawasan Teluk Saleh yang telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia dengan potensi hiu paus yang terbesar di Indonesia.

Selain itu juga, diinformasikan oleh Tahkiq bahwa Kecamatan Tarano yaitu di Labuhan Jambu akan menjadi salah satu spot singgah para yachterdunia yang akan mengikuti agenda tahunan WonderfulSail Indonesia 2019.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga laut kita, bersihkan laut dari sampah, juga jangan lagi ada pengeboman ikan dan pengusakan terumbu karang.

“Mari songsong dengan ramah para tamu yang akan datang ke Tarano baik yang datang berwisata maupun datang untuk meneliti Teluk Saleh dan hiu pausnya,” katanya.

Sekitar 30 peserta berpartisipasi dalam Lomba Balap Sampan menyemarakkan 74 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 2019 berasal dari wilayah Kecamatan Tarano khususnya Labuhan Pidang juga datang dari Desa Kempo Kabupaten Dompu. (KS/)

News Feed