Banggar Minta DPMD Maksimalkan Pengawasan Program KRABAT

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumbawa meminta Dinas PMD sebagai leading sektor untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi program Kredit Sahabat (KRABAT) yang saat ini sedang berjalan.

Hal tersebut dianggap penting sebagai upaya pencegahan terjadinya penyimpangan dalam penyenggaraan program tersebut. Termasuk memberikan pelatihan kepada pengurus BUMDes untuk meningkatkan kemampuan menajemen serta profesionalitas dalam tugas.

“Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah agar memaksimalkan pengawasan program KRABAT untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat dengan memanfaatkan Tim Pengawas yang telah dibentuk.

Baca juga:  Ini Alasan Satpol PP Tertibkan Badut di Lampu Merah

Diharapkan agar tetap dipertahankan guna suksesnya program yang dihajatkan untuk meminimalisir rentenir di tingkat desa. Sehingga upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat di perdesaan dapat tercapai,” Demikian disampaikan Juru Bicara Banggar DPRD Sumbawa Andi Rusni, S.E pada paripurna, 15 Agustus Lalu.

Selain itu, juga ditekankan untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan dana desa yang dapat berimplikasi hukum sebagaimana yang sudah terjadi terhadap sejumlah kepala desa. Karenanya, Badan Anggaran berharap kepada Dinas PMD sebagai leading sektor pemerintahan desa, agar terus melakukan monitoring, evaluasi sekaligus melakukan pembinaan. Sehingga tidak ada lagi kepala desa maupun perangkat desa yang tersangkut persoalan hukum.

Baca juga:  Bupati Terima Paket Ramadan dari AMMAN untuk Masyarakat Sumbawa

Sejalan dengan ini, Inspektorat juga diharapkan agar terus melakukan pembinaan terhadap desa-desa yang masih bermasalah dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Kemudian terhadap temuan-temuan yang menimbulkan kerugian negara, daerah dan desa, terutama terhadap tunggakan kasus tahun-tahun sebelumnya agar segera dituntaskan. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...