oleh

Ratusan Masyarakat Dilatih Menjadi Tenaga Skill

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Ratusan Masyarakat di Kabupaten Sumbawa dilatih menjadi tenaga skill melalui Paltihan Berbasis Kompetensi (PBK). Pelatihan dilakukan di Kantor UPT Latihan Loka Karya (LLK) setempat.

Kepala UPT LLK Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kasubbag Tata Usaha, Muhammad Yakub, Kamis (08/08/2019) di ruang kerjanya, mengatakan, untuk tahun 2019 ini, sebanyak 46 paket kegiatan pelatihan berbasis kompetensi dari 10 kejuruan dengan jumlah siswa sebanyak 736 orang.

Adapun kejuruan yang dimaksud yakni, listrik, otomotif mekanik junior sepeda motor, otomotif mekanik junior mobil bensin, menjahit pakaian dasar, processing hasil pertanian (rata boga), dan english for the office. Kemudian Las SMAW 36, operator alat berat, komputer basic office, dan teknisi AC split.

“Jadi untuk tahun ini, ada 46 paker dari 10 kejurian dengan total peserta yang diberikan Pelatihan berbasis kompetensi 736 siswa,” ujarnya.

Saat ini, sebanyak 25 paket telah terlaksana. Kemudian 7 paket sedang berjalan, dan sisanya direncanakan pada September dan Oktober mendatang. Pelatihan ini, kata Yakub,  dilaksanakan dalam tempo rata-rata satu bulan.

Diharapkan, para siswa mendapatkan skill dan siap memasuki dunia kerja. Mengingat, mereka telah diberikan pelatihan oleh instruktur yang telah bersertifikat acessor dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

“Mereka mendapatkan keahlian 60 persen dari pelatihan.  Sedangkan 40 persennya bisa mereka kembangkan,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar

News Feed