oleh

BPBD Siapkan Fasilitas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Guna menyediakan data terkait bencana yang terjadi di wilayah Sumbawa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa tengah menyiapkan ruangan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) penanggulangan bencana.

Keberadaan Pusdalops dirasaa penting larena berfungsi untuk memberikan data terkait bencana yang terjadi. Setelah data dimasukkan ke pusdalops dimaksud, maka data tersebut terintegrasi dan diketahui langsung hingga pusat.

“Begitu terjadinya bencana, saat kami membuat laporan di pusdalops langsung pusat tahu. Jadi provinsi dan pusat langsung tahu. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan Sumbawa bisa diketahui,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, M. Nurhidayat, S.T, Selasa (06/08/2019).

Saat ini, BPBD tengah menyiapkan ruangan untuk Pusdalops penanggulangan bencana. Sehingga begitu rampung, alatnya akan didrov dari pusat. “Kalau daerah-daerah sudah siap ruangannya akan diberikan alat,” jelasnya.

“Sekarang kita sedang merehab ruangannya. Harapan kami ingin tahun ini bisa dimanfaatkan,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed