oleh

Harganas XXVI “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”

Sumbawa, kabarsumbawa.com – Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-XXVI Tahun 2019 berlangsung semarak pada Selasa (6/8) di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar. Acara itu diramaikan penampilan paduan Suara Gita Kencana Dinas P2KBP3A, Sanggar Seni Liser Smanda, dan Drama Sebabak dari PIK-R SMAN 2 Sumbawa, serta lainnya.

Ketua TP PKK Hj. Amien Rahmani Husni Djibril selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan, peringatan Harganas tahun 2019 yang mengangkat tema “Hari keluarga hari kita semua” dengan mengusung pesan inti “Cinta keluarga, cinta terencana”.

Tujuannya untuk meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal yang terdiri dari agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan, kemudian dapat mewujudkan penerapan empat pendekatan ketahanan keluarga yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya serta keluarga peduli dan berbagi.

Sementara itu, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril mengapresiasi kinerja OPD terkait yang telah bekerja keras dan bersinergi menjalankan berbagai program dan kegiatan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Sumbawa. Berbagai upaya telah dilakukan Pemda dalam mendukung program KKBPK, termasuk sinergitas yang telah terjalin baik antar OPD, dan membuahkan berbagai capaian tersebut, diharapkan tidak lantas membuat langkah berhenti sampai di sini, namun harus terus melaju kencang agar capaian-capaian terbaik dapat diraih untuk seterusnya.

harganas 2019Diungkapkan, pada Tahun 2018 lalu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana, dan tepatnya pada Bulan Desember 2018 kembali menerima penghargaan Anugerah Kencana dari BKKBN RI, sebagai satu-satunya Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dinilai sangat berkomitmen dalam mendukung program KKBPK. Kemudian pada Tahun 2019, Ketua TP PKK Sumbawa juga mengukir prestasi yang sama, yakni menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat pada Peringatan Harganas Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat atas dedikasi yang tinggi terhadap program KKBPK.

Terkait penanganan masalah stunting di Kabupaten Sumbawa yang menempati urutan tertinggi dari 10 Kabupaten/Kota di NTB yakni mencapai 41,92 persen, berdasarkan data stunting tahun 2017 hasil pemantauan status gizi Bappenas dan Kemenkes RI, pada tahun 2018, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, angka tersebut menurun menjadi 31,53 persen. Penurunan ini tentu saja tidak terlepas dari konvergensi lintas sektor melalui aksi-aksi yang telah dilakukan secara paralel oleh OPD terkait.

Bahkan berdasarkan data internal Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa hasil dari kegiatan pekan penimbangan, diperoleh data bahwa per November 2018, angka stunting di Kabupaten Sumbawa turun signifikan menjadi 11,87 persen.

Bupati juga mengapresiasi pencapaian pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), persentase MKJP di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa rata-rata sudah berada di atas 5 persen baik berdasarkan angka Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) maupun dari total jumlah Pasangan Usia Subur (PUS). Namun terkait angka ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) yang saat ini masih berada di angka 13,86 persen, belum memenuhi target kurang dari 10 persen, begitu juga ibu hamil anemia masih berada di angka 19,23 persen belum memenuhi target kurang dari 10 persen. Bupati minta komitmen semua pihak, dalam melaksanakan program KKBPK ini, agar dapat berjalan dengan baik.

“Dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik anggota keluarga, masyarakat, maupun Pemerintah Daerah. Mari bergotong royong mengambil peran dan tanggung jawab, untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang mandiri, sehat, bahagia dan sejahtera,” tutur Bupati.

Camat Sumbawa Hikmawan selaku tuan rumah menyerahkan cinderamata berupa nisung dan serune yang merupakan hasil karya anak muda Brang Biji yang tergabung dalam Samawa Antique, kepada Bupati Sumbawa dan Ketua TP. PKK Kabuapten Sumbawa, dan Ketua TP. PKK Kecamatan Sumbawa Sari Dewi memberikan cinderamata berupa 1 buah tas daur ulang dari bungkus kopi dan 1 buah tas dari bahan kre alang Sumbawa kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa, tas ini merupakan karya tangan-tangan terampil anggota TP PKK Kecamatan Sumbawa. (ks/)

News Feed