Disdukcapil Sumbawa Mulai Terbitkan Kartu Identitas Anak

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa mulai menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). Penerbitan telah dilakukan sejal Juli lalu.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa Ir. H. Zulqifli mengatakan, KIA merupakan usaha pemerintah agar anak berusia 17 minus 1 mendapatkan indentitas. Hal ini dirasa penting, karena dengan demikian yang bersangkutan dapat melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu, seperti membuka rekening bank.

Selain itu, penerbitan KIA untuk memastikan yang bersangkutan dalam berktivitas yang sekiranya membutuh identitas seperti membuka rekening Bank, maka yang bersangkutan dapat menunjukan kartu tersebut, sehingga jelas identitasnya.

Baca juga:  PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Kemudian lanjutnya, terdapat nilai-nilai positif yang akan dikembangkan bagi anak-anak nantinya. Dimana Disdukcapil Sumbawa akan berupaya melakukan kerajasama dengan perusahaan-perusahaan maju yang ada di Sumbawa, untuk memberi diskon-diskon tertentu kepada anak-anak dengan menggunakan KIA.

“Untuk tahun ini kita cetaknya masih terbatas, kebutulan juga masih dalam tahap sosialisasi. Nanti tahun depat kita perbanyak lagi. Untuk sekarang sudah bisa dicetak di lantor,” ujarnya, Jum’at (02/07/2019).

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sementara untuk persyatan lanjutnya, sama halnya seperti persyatan untuk pembuatan Administrasi Kependudukan (Adminduk) lainnya. Yakni menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

Adapin ciri-ciri KIA yakni berbentuk seperti KTP, kemudian berwana merah dengan perpaduan waran putih. Bagi anak yang berusia 5 tahun kebawah, pada katru KIA tidak ada tercantum foto, untuk anak 5 tahun sampai 17 tahun kurang 1, memiliki foto. (KS/aly)

Area lampiran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...