oleh

7 Puskesmas Dinilai Untuk Akreditasi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat dibidang kesehatan, sebanyak tujuh puskesmas akan diakreditasi pada tahun 2019 ini.

Ketujuh puskesmas tersebut yakni, Puskesmas Moyo Hulu, OrongTelu, Maronge, Ropang, Lantung, Batulanteh, dan Lenangguar. Sementara itu 2 puskesmas yaitu Puskesmas Unit II Sumbawa dan Puskesmas Empang akan direakreditasi.

Pada periode ini tiga puskesmas akan lebih dulu mendapat giliran untuk dinilai oleh tim surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementrian Kesehatan RI. Tiga puskesmasn yang dimaksud adalah Puskesmas Unit II Sumbawa, Puskesmas Empang, dan Puskesmas Moyo Hulu. Penilaian akan dilaksanakan dari tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus 2019.

Baca juga:  Waspadai Penyakit yang Diakibatkan Musim Kemarau

Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Senin malam (29/07/219) menyambut kedatangan tim survey tersebut, di Aula Hotel Transit Sumbawa Besar. Tim surveyor yang berjumlah 9 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani, Apt., mengatakan akreditasi puskesmas ini bukan hanya sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi semata, akan tetapi penilaian yang dilaksanakan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu kinerja yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen mutu, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, serta penerapan manajemen resiko.

Baca juga:  Bupati Tegaskan Tetap Relokasi RSUD Sumbawa

“Akreditasi Puskesmas ini sendiri merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi yang ditetapkan oleh MENKES setelah dinilai bahwa Puskesmas tersebut memenuhi standar akreditasi,” pungkasnya.

Sementra itu, Bupati Sumbawa mengatakan, dengan dukungan penuh dari Dinas Kesehatan setempat, diharapkan 3 puskesmas yang akan disurvey pada periode ini dapat menjalani proses penilaian secara maksimal, sehingga dapat berujung pada perbaikan standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kabupaten Sumbawa yang merupakan indikator kinerja pemerintah daerah. (ks/aly)

Komentar