oleh

GernasBaku, Upaya Dalam Mengembalikan Budaya Membaca di Masyarakat.

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Gerakan Nasional Membaca Buku (Gernas aku) adalah salah satu gerakan dalam menggerakkan peran serta masyarakat dalam membudayakan membaca buku, terutama Orang Tua atau Wali Murid untuk membiasakan membaca buku di hadapan anak-anaknya masing-masing.

Untuk itu, digelarlah Kegiatan (Gernas Baku) dalam upaya mengembalikan budaya membaca di Masyarakat yang berlangsung di Lapangan Lembang Baser, Dusun Bree, Desa Sapugara Bree pada Sabtu (27/7) lalu.

Acara yang dikemas menarik tersebut, dihadiri oleh Kepala Desa Sapugara Bree, Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Arpusda Kabupaten Sumbawa Barat, Kabid Paudni PNF Dinas Dikbudpora KSB dan sejumlah Kepala TK, PAUD Se Kec. Brang Rea serta serta seluruh siswa siswi beserta Orang Tua Wali Murid.

Dalam sambutannya, Kepala TK Negeri 1 Brang Rea, Ely Marliaty, yang juga Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari cara membudayakan membaca di kalangan orang tua murid, karena sesungguhnya orang Tua murid merupakan orang pertama yang terus memberikan pelajaran yang maksimal kepada anak didik, sehingga Peran Orang Tua sangat penting dalam memberikan keteladanan soal membaca kepada anak-anaknya masing-masing.

“Ini gerakan Nasional dalam rangka menyadarkan orang tua betapa pentingnya membaca buku karena bagaimanapun Buku merupakan gudang ilmu,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, terlaksana dengan swadaya sejumlah Kepala Sekolah dan Guru-Guru Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Brang Rea yang didukung oleh Pemerintah Desa Sapugara Bree.

“Tentu kami ucapkan terimkasih kepada semua Pihak yang telah membantu kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik, Kegiatan ini juga akan ada MoU dengan Arpusda KSB dalam rangka peminjaman Buku Perpustakaan, dan tidak lupa Pemdes Sapugara Bree yang telah memberikan suport terkait keberlangsungan acara ini.” tandasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi, S.Pd, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegaiatan Gerakan Nasional membaca Buku ini. Sejalan dengan itu, Pemerintah Desa juga akan memberikan kontribusi dalam hal pemberian buku bacaan kepada peserta didik PAUD serta memberikan barang berupa Rak Buku Pojok Baca untuk sekolah-sekolah TK dan PAUD yang ada di Desa Sapugara Bree (DSB.red).

“Kami sangat mendukung kegiatan Literasi seperti ini apalagi budaya membaca kita saat ini sangat kurang sehingga harus kita galakkan kembali bahwa membaca merupakan sebuah budaya yang wajib kita kembangkan sebagai sebuah kebiasaan, Apalagi budaya kita tau Tana Samawa sangat kental dengan hakikat beragama dimana dalam agama kita yakini Iqro’ yang artinya membaca ” jelasnya.

 

Sejalan dengan itu, Pemerintah Desa juga memiliki Program Gerakan Masyarakat Sadar Membaca yang tentu ini semua adalah bagian dari menyadarkan masyarakat dalam membaca.

“Oleh karena itu, mari bersama-sama kita budayakan membaca ini, untuk masa depan generasi kita yang lebih baik” Pungkasnya.(KS/yud)

News Feed