oleh

Stok Beras di Gudang Bulog Sumbawa Tertinggi di NTB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Stok beras di empat Gudang Bulog Sumbawa diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat hingga 88 bulan ke depan.

Namun dengan jumlah tersebut dikhawatirkan jika beras tersebut disimpan telalu lama maka akan mengalami kerusakan.

Kepala Perum Bulog Subdivre Sumbawa Heri Sulistio., ditemui, Kamis (11/07/2019) di ruang kerjanya mengatakan, stok ketahanan beras di Sumbawa paling tinggi di NTB, dengan jumlah stok mencapai 31 ribu ton atau setara dengan penggunaan selama 88 bulan pada kondisi normal.

Heri Sulistio
Heri Sulistio
Kepala Perum Bulog Subdivre Sumbawa

Sehingga, untuk mengantisipasi kerusakan terhadap stok beras, pihaknya selalu melakukan pengecekan secara berkala. Kalau stok di Sumbawa ini semua dalam keadaan baik, karena kita setiap dua minggu sekali ada laporan dari gudang terkait kondisi kuwalitasnya, kita selalu pantau, karena stok ketahan beras kita paling tinggi di NTB,” terangnya.

Selain itu sambungnya, pihanya juga melakukan pengiriman ke beras kedaerah yang sedang mengalami difisit beras, seperti di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hingga saat ini sebanyak kurang lebih 6000 ton beras telah dikirim ke NTT.

Percepatan penyaluran beras kepada masyarakat melalui Bantuan Sosial (Bansos) juga dilakukan guna menjaga stok beras di Sumbawa selalu dalam keadaan fresh. Ia menambahkan, pembelian juga mempengaruhi kwalitas beras, untuk itu kata dia, dalam melakukan pembelian, pihaknya mengacu pada ketentuan kwalitas seperti kadar air harus maksimal 14% kemudian Broken (tingkat patah) 20% kemudian menirnya 2%, sehingga beras yang masuk ke gudang, benar-benar memilki kwalitas yang baik.

“Itu upaya kami untuk menjaga stok di Sumbawa selalu Fresh,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar

News Feed