Sejumlah Wilayah Di Kabupaten Sumbawa Mulai Kesulitan Air Bersih

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, menyebutkan sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa mulai mengalami kesulitan air bersih.
Wilayah tersebut diantaranya, Pulau Bingin Kecamatan Alas, Uma Buntar Kecamatan Unter Iwes, dan Kecamatan Moyo Hulu diantaranya Semamung, Seminar, Maman, hingga Batu Bulan.

“Sejauh ini yang terparah masih di bagian barat yakni pulau bungin, kemarin ada surat masuk di Uma Buntar Unter Iwes, sudah kita layani. Lape sudah mulai ada suratnya, semamung juga memang dari dulu sudah kekurangan naik, seminar, maman, batu bulan, pokok daerah bendungan itu mengalami kekeringan,” ungkap Muhammad Nurhidayat, ST., Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumbawa, Selasa (09/07/2019) di Sumbawa.

Baca juga:  BLK Sumbawa Mulai Rekrut Calon Peserta PBK Tahap I Tahun 2024

Dikatakan, saat ini hampir semua wilayah di Kabupaten Sumbawa sudah mengalami krisis air bersih. Diperkirakan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus mendatang.

“Saat ini semua milayah sudah mengalami kekurangan air, tapi puncaknya nanti kira-kira bulan depan. Saat ini kami sedang menganalisa membagi tiga wilayah kekeringan yang ada di Sumbawa, Barat, Tengah dan Timur. Wilayah Barat dari Kecamatan Rhee ke KBS, Tengah Sumbawa sampai ke Lenangguar, Wilayah timur dari Lopok Beru sampai Tarano,” terangnya.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Kami sebagi pemerintah daerah harus siap sebelum masyarakat teriak minta air. Kita sudah estimasi beberapa kebutuhan air di wilayah masing-masing. Untuk wilaya kota kita bekerjasama dengan PDAM, untuk luar kita ada sumur bor,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...