oleh

Lunyuk dan Labangka Bakal Dapat 210 Ekor Sapi Bali

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebelumnya kelompok ternak yang berada di Kecamatan Lunyuk dan Labangka direncanakan akan penerima bantuan sapi Brahman Cross dari Pemerintah, namun karena terkendalam berbagai hal, akhirnya diganti dengan sapi Bali sebanyak 210 ekor untuk 20 kelompok di dua Kecamatan tersebut.

“Kemarin hasil koordinasi di Denpasar, kita  sudah mendapatkan penggantian sebanyak 210 sapi. Tetap kita arahkan pada Lunyuk dan Labangka yakni untuk 20 kelompok. Masing kelompok dapat 10 ekor,” Jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, Sirajuddin, Senin (08/07/2019) kemarin.

Pengadaan bantuan tersebut akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dengan spesifikasi bibit, telah melahirkan sekali. Dan kelompok yang akan disalurkan bantuan bibit sapi bali tersebut, merupakan kelompok sama yang sebelumnya akan mendapatkan sapi Brahman Cross.

“Sudah kita putuskan penggantinya adalah sapi Bali. Memang kita di kasi dua pilihan, antara sapi bali dan Sumbawa. Saya pilih Sapi Bali, karena pengadaannya nanti di Sumbawa. Tapi walaupun nanti yang pengadaannya dari sana, tapi tetap  pengadaanny di Sumbawa. Saya melihat  speknya tinggi sampai yang sudah melahirkan sekali. Untuk itu saya tetapkan kemarin, sapi Bali. Tapi yang jelas sudah ada penggantinya,” jelasnya.

Dikatakan, kelompok yang akan menerima bibit telah siap dengan persyaratan yang ditentukan, karena kelompok tersebut telah dipersiapkan sejak tahun lalu. “Insya Allah mereka akan datang CPCL nya seminggu lagi sekitar tanggal 17.  Saya katakan kita sudah siap, memang karena kelompok itu kita siapkan untuk Sapi  Brahman kemarin. Tapi  mereka ingin buktikan semua itu. kita tunggu saja,” tegasnya.

Dikatakan, sapi bali dipilih karena ketersediaan bibit yang sesuai spesifikasi cukup melimpah di Kabupaten Sumbawa. Sedangkan Sapi Sumbawa dikhawatirkan tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan yakni 210 ekor.

“Kita memilih sapi bali, karena kita adalah sentra sapi bali. Kalau sapi Sumbawa, kalau kita tidak siap, maka saya takut agal lagi nanti. Kita nda siap menyiapkan 210 yang sesuai standar itu. Seperti yang saya katakan tadi, sudah melahirkan dan performanya bagus. Tapi kalau sapi bali pilihan kita banyak. Manakala tidak memenuhi standar, karena mereka pengadaannya. Rencananya dari pusat, mereka beli di Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar

News Feed