oleh

Dukung Sumbawa Smart City, UTS Serahkan 7 Rancang Bangun Aplikasi e-Government

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com –  Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Sumbawa (UTS) menyerahkan 7 (tujuh) Aplikasi e-Government kepada Pemkab Sumbawa, Senin (8/7/2019) di Ruang Pertemuan Asisten Pemerintahan dan Kesra.

Acara yang dihadiri oleh Kadis Kominfotik Sumbawa, Kadis KUMKM dan Indag, perwakilan Bappenda, Bappeda, BPKAD, Dinas Nakertrans dan jajaran Bidang TI Dinas Kominfotik Sumbawa, dihadiri pula oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik, Ketua Prodi Informatika, Dosen dan mahasiswa UTS.

Wakil Dekan Fakultas Teknik UTS Dedy Dharmawansyah, MT mengatakan bahwa konsep smart city di berbagai kampus maupun kota diskusi dan kajian yang menarik. Lebih lanjut, Dedy mengatakan bahwa Smart city bukan hanya berintegrasinya informasi, namun juga informasi – informasi dari berbagai aspek yang tersedia harus dapat terakses oleh masyarakat.

Selanjutnya, Dedy menyampaikan bahwa ada beberapa rancang bangun aplikasi yang diciptakan oleh beberapa mahasiswa dan dosen yang dihasilkan dari praktek lapangan maupun penelitian nantinya akan diserahkan kepada Pemda Sumbawa, baik sebagai media promosi maupun media informasi yang dapat dimanfaatkan.

“Walaupun masih tergolong aplikasi sederhana, Dedy berharap dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh Pemda Sumbawa dalam mengembangkan untuk mendukung program Smart City di Kabupaten Sumbawa”, ungkap Dedy.

Adapun rancang bangun aplikasi yang akan diserah Rancang Bangun Aplikasi Media Promosi Hidup Sehat Berbasis Android di Dinas Kesehatan karya Fahmi Yuliono, Aplikasi Pendataan Subjek Objek Pajak Berbasis Web di Bapenda karya Agus Teguh Wahyudi, Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Sosial Berbasis Web di Dinas Sosial karya Teguh Hamdala, Aplikasi Jango Desa Berbasis Web karya Kiki Rizki, serta Aplikasi Monitoring Hasil Pelatihan Tenaga Kerja Berbasis Android di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi karya Henni Kuspitari.

“Penyerahan aplikasi ini, diharapkan akan menjadi awal yang baik bagi Universitas Teknologi Sumbawa dan Pemda Sumbawa untuk lebih meningkatkan kerjasama dibidang TIK dalam rangka mensukseskan program Smart City di Kabupaten Sumbawa,” ujar Dedy.

Daerah Kabupaten Sumbawa diwakili oleh Kadis Kominfotik Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas nama Bupati Sumbawa dengan terwujudnya kegiatan penyerahan beberapa rancang bangun aplikasi kepada Pemkab Sumbawa.

“Atas nama Pemkab Sumbawa, kami menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kolaburasi ini, yang ditandai dengan penyerahan aplikasi e-Government karya para Sahabat sekalian di UTS”, ujar Ansori.

Lebih lanjut Ansori mengatakan bahwa aplikasi ini akan dimanfaatkan untuk menunjang kinerja perangkat daerah, mengingat saat ini kita semua telah masuk dalam era Industri 4.0. sehingga pelayanan masyarakat dituntut lebih cepat dengan dukungan teknologi informasi.

Ansori berharap dimasa mendatang kerjasama dengan UTS dalam pengembangan e-Government guna menyukseskan program Smart City di Kabupaten Sumbawa akan terus berlanjut.

“Nantinya aplikasi ini akan kami sampaikan kepada perangkat daerah masing-masing, untuk pemanfaatan lebih lanjut, dan dikembangkan sesuai kebutuhan”, kata Ansori.

Kepada para pimpinan perangkat daerah yang hadir, Ansori berharap untuk dapat memanfaatkan dengan baik, serta dapat melakukan konsultasi dengan pengembangnya melalui Prodi Informatika Fakultas Teknik UTS maupun dengan Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa sehingga akan menunjang pelayanan public di instansi masing-masing.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara yang dilakukan oleh Ketua Prodi Informatika Rodianto, M.Kom dengan Kadis Kominfotik Kabupaten Sumbawa, paparan beberapa aplikasi e-Government yang dipandu oleh Shinta Esabella, ST, MTI dosen pada Prodi Informatika UTS, serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada perwakilan mahasiswa dan dosen dari UTS. (ks/-)

berita TERKKINI