oleh

Sumbawa Usulkan 1,4 Triliuk DAK Untuk Tahun 2020

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah mengusulkan 16 bidang Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nilai sekitar 1,4 triliun untuk tahun 2020.
Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, M.Si., ditemui diruang kerjanya, Kamis (04/07/2019) mengatakan, proses pengusulan DAK telah diselsaikan ada 15 Juni yang lalu.

Adapun ke 16 bidang yang telah diusulkan kata dia, meliputi Bidang Kesehatan, Bidang Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Pendidikan, Sanitasi Perairan, Jalan, Tranportasi Laut, Sosial, dan Perpustakaan.
Dijelaskan, saat ini semua usulan tersebut sedang dalam proses varifikasi terhadap DAK yang telah diusulkan, bersamaan dengan itu kata dia, di masing-masing Kementerian teknis yang menangani DAK, akan mengadakan kegiatan berkaitan dengan rapat koordinasi atau rapat teknis untuk mengundang Kabupaten Kota tatang klarifikasi usulannya.

“sekarang sudah mulai klarifikasinya. Biasanya ini sampai bulan oktober, oktober sudah ada ketetapan DAK untuk 2020,” ungkapnya.

Selama proses klarifikasi ini sambungnya, ia berharap OPD-OPD yang mengolalah DAK, agar mengikuti kegiatan tersebut serta membawa dan melengkapi persyaratan teknis yang telah ditentukan, sehingga menjadi pertimbangan pemerintah Pusat.
“Kita berhara tahun ini kita bisa menerima peningkatan jumlah DAK dibandingkan 2019 sekitar 274 M,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed