oleh

2019, Penerbitan Akta Kelahiran Anak Di Sumbawa Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk tahun 2019, penerbitan akta kelahiran anak usia 0 sampai 18 tahun di Kabupaten Sumbawa telah melapun target yang telah ditetapkan secara nasional.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Sahabuddin., mengungkapkan, tahun 2019, secara nasinoal penerbitan akta kelahiran anak usia 0 sampai 18 tahun ditetapkan sebesar 85%. Namun hingga Juni 2019, penerbitan akta kelahiran anak di Kabupaten Sumbawa mencapai 91,24%. Artinya melampauan tergen Nasional.

“Sampai dengan bulan Juni 2019 sudah melewati target nasional yaitu 91, 24% untuk tahun 2019, dalam arti ada kelebihan dari yang ditergetkan Nasional,” ungkapnya.

Baca juga:  Segera Diimplementasikan, PNS Akan Terima Tambahan Penghasilan

Menurutnya, meski target penerbitan akta telah terlampaui, namun selama pelayanannya masih terkendala berabagi hal seprti, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kepemilikan akta kelahiran. Selain itu kata dia, luas wilayah kabupaten Sumbawa juga memperngaruhi pelayanan serta potografi wilayah yang menantang.

Untuk mengatasi persoalan tersebut sambungnya, pihaknya terus melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung. Kemudian melakukan kerjasama dengan pemerintah kecamatan dan Desa melalui penerbitan instruksi Bupati. Selain itu juga melakukan kerjasama dengan pihak Dikbud, serta Dinas Kesehata.

“kita sosialisasi, kita juga kerjasama dengan kecamatan dan Desa. Kita juga kerjasama dengan Dinas Pendidikan, diamana akta menjadi salah satu syarat untuk mendaftar sekolah, kemudian dengan Dinas Kesehatan kita meminta agar orang tua bayi yang baru lahir untuk segera mengurus akta kelahiran anaknya,” pungkasnya. (ks/aly)

Baca juga:  Pemeliharaan Rutin dan Mesin Rusak Manjadi Masalah Klasik Kelistrikan Sumbawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *