Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor Di Sumbawa Capai 38 Miliar

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa mencatat tunggakan kendaraan bermotor baik roda dua dan empat mecapai miliaran rupiah.

Kepala Bapenda Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasas Basri, SE, MM., mengatakan tunggakan rata-rata sejak 5 tahun terkahir mencapai Rp. 38.194.968.527., dengan jumlah kendaraan mencapai 51.017.

Kendaraan yang menunggak tersebut tersebar di 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa. Lama tunggakannya rata-rata lima tahun.

“Yang sudah masuk TMDU, menurut data dari KUPT nya, pajak kendaraan yang belum dibayar hingga hari ini mencapai Rp. 38.194.968.527 dari 51.017 kendaraan. Rata-rata nunggak 5 tahun sampai sekarang. Artinya ada yang dibawah itu tapi tidak signifikan. 1 sampai 5 tahun itu yang paling banyak,” jelasnya.

Baca juga:  Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Terhadap tunggakan pajak kendaraan tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak pemerintah desa untuk menyelesaikanya. Mengingat data kendaraan tersebut tercatat lengkap beserta nama pemilik dan alamat.

“Pajak kendaraan bermotor supaya aktiflah membayar. Sebelum mati diurus lah, apalagi yang sudah mati agar segera diurus. Begitu juga yang sudah jual beli agar surat nya diurus. Nah inilah yang sekarang kita kerjasama, kita cari melakukan sosialisasi lalu menemui orang-orangnya dimana, kan jelas alamatnya di sini. Perdesa ada alamatnya,” ujarnya.

Baca juga:  Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Dari jumlah pajak kendaraan yang terbayarkan tambah H. Bas-akrabnya disapa, 70 persen milik Pemerintah Provinsi dan 30 persen bagian untuk Pemkab Sumbawa. Dimana sejak Januari 2019 hingga 17 Juni lalu, bagian yang sudah diterima oleh Sumbawa sebesar Rp. 3.098.531.577.

“Per 17 juni, pajak kendaraan bermotor yang sudah diterima artinya sudah masuk bagian dari kita. Bagian kita, karena ada 30 persen bagian kita sebesar Rp 3.098.531.577, ini yang sudah menjadi PAD. Sejak awal januari 2019. Kalau target penerimaan PAD kita Rp 10.598.962.500. Memang biasanya pertengahan tahun ini kan progres nya,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Mudik Lebaran 2024 Jatimbalinus, Konsumsi Pertamax Series Naik 26,3%

Kabarsumbawa.com - Selama periode arus mudik tanggal 25 Maret...

Masa Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Siapkan 250 Ribu Tabung LPG di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...

Pertamina Patra Niaga Bersama BPH Migas dan ESDM Pastikan Kesiapan Energi Jelang Idulfitri di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memantau kesiapan dan kehandalan...

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran Energi Tetap Aman Pasca Gempa di Dompu

Dompu, Kabarsumbawa.com – Pasca Gempa Bumi bermagnitude 5,2 SR...