oleh

Program Studi Pendidikan Ekonomi UNSA Salah Satu Penerima Beasiswa Bank Indonesia

Oleh: Deri Rahmatullah
( Mahasiswa Semester VI Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguaruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar)

KabarSumbawa.com – Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan diberikan kepada perorangan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Bank Indonesia adalah salah satu lembaga pemerintah yang memiliki satu bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dan menjadi bentuk peran nyata dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. BI memberikan program beasiswa kepada 63 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Muliaman D. Hadad, menandatangani perjanjian kerjasama program beasiswa Bank Indonesia dengan 4 Perguruan Tinggi, yaitu Uni versitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, pada Rabu, 03 Agustus 201 di Jakarta (Harian Lombok News.com).

Tahun 2018 secara nasional, Bank Indonesia telah memberikan beasiswa kepada 99 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia. “Di NTB beasiswa telah diberikan kepada 50 orang mahasiswa dari Universitas Negeri Mataram sejak 2011, 50 orang mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Mataram sejak 2013, dan 50 orang mahasiswa dari Universitas Samawa Sumbawa Besar sejak tahun 2018”. (Harian Lombok News.com).

Universitas Samawa merupakan salah satu dari lima PTS di Indonesia yang terpilih sebagai kampus swasta penerima beasiswa Bank Indonesia. PTS lainnya yaitu Universitas Nusa Nipa Maumere (Nusa Tenggar Timur), Universitas Dharmas Indonesia (Provinsi Sumatera Barat), Universitas Darussalam Gontor (Provinsi Jawa Timur), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) (Provinsi Jawa Barat) sebagai pilot project. (Harian Lombok News.Com)

Rangkaian kegiatan penerimaan beasiswa ini di mulai dari tahap sosialisasi (Roadshow), seleksi administrasi dan interview oleh pihak Bank Indonesia. Sosialisasi atau Roadshow berlangsung pada Sabtu, 26 November 2018 di Auditorium UNSA dan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang ada di Universitas Samawa Sumbawa Besar. Untuk berhasil menjadi mahasiswa terpilih penerima beasiswa, ada beberapa kriteria atau prasyarat dan tahapan dalam proses seleksi pemberian beasiswa. Misalanya (1) IPK minimal 3,25 (skala 4) untuk mahasiswa PTS dan 3,20 (skala 4) untuk mahasiswa PTN. (2) Calon penerima beasiswa harus aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. (3) Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain. (4) Menyertakan surat rekomendasi dari tokoh akademik ataupun non-akademik, serta (5) Bersedia berperan aktif dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan (6) berpartisipasi dalam kegiatan Bank Indonesia (menyertakan surat pernyataan bermaterai). Tahapan selanjutnya yaitu wawancara calon penerima beasiswa oleh pihak Bank Indonesia dilaksanakan pada 26 April 2019 dari hasil seleksi wawancara tersebut terpilihlah 50 mahasiswa penerima beasiswa BI dan tergabung sebagai anggota GenBI.

Sebanyak 12 mahasiswa dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, 5 mahasiswa dari Prodi Agribisnis, 4 mahasiswa dari Prodi Ilmu Hukum, 8 mahasiswa dari Prodi Peternakan, 16 mahasiswa dari Prodi Ekonomi Pembangunan & Manajemen, dan 5 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Ekonomi. Lima mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari Program Studi Pendidikan Ekonomi yaitu Riski Hamdayani (Semester VI), Ade Restiani KH (Semester VI), Riska Amalia (Semester IV), dan Eek Aldhayana (Semester (Semester IV) serta saya sendiri sebagai penulis (Deri Rahmatullah) dan tergabung menjadi anggota GenBI (Generasi Baru Indonesia).

Bank Indonesia melalui GenBI disamping membantu meringankan beban financial akademik juga berperan sebagai tempat pengembangan skill mahasiswa sekaligus sebagai ajang tempat melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat. Keberadaan beasiswa tersebut, menunjukkan komitmen Bank Indonesia kepada Program Studi Pendidikan Ekonomi tentu tidak lepasnya sebuah kepercayaan atau dikenal dengan modal sosial. Kepercayaan yang diberikan pihak BI kepada penerima beasiswa yaitu mampu melaksanakan kewajiban sebagai anggota GenBI melalui program-program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun program yang telah kita laksanakan selama menjadi anggota GenBI yaitu Penanaman 1000 Pohon Mangrove di Desa Penyaring Kec. Moyo Utara, GenBI berbagi, Safari Ramadhan di Desa Leseng, dan Desa Kerato, serta Pojok Baca GenBI yang di adakan di Lapangan Pahlawan bertepatan dengan HUT Kabupaten Sumbawa Besar.

Selaku penulis saya berharap dengan adanya beasiswa ini, yaitu: (1) Ingin memberikan sebuah inspirasi kepada masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Sumbawa bahwa Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia di lingkup FKIP. (2) Semakin meningkatnya jumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. (3) Universitas Samawa sebagai salah satu Kampus Swasta di Provinsi NTB yang terpilih sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia. (4) Ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa Universitas Samawa juga tidak kalah dengan kampus-kampus lainnya yang juga memiliki SDM yang berkualitas yang di buktikan dengan adanya kerjasama antara UNSA dengan institusi/lembaga pemerintah lainnya salah satu contoh yaitu BI memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa berprestasi serta mampu melaksanakan berbagai bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

News Feed