Jelang Lebaran, Produksi Daging di Kabupaten Sumbawa Meninggkat

Sumbawa Besar Besar, Kabarsumbawa.com – Selama bulan ramdhan hingga menjelang hari raya idul fitri 1440/2019, produksi daging terutama daging sapi di Kabupaten Sumbawa meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasa.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kaupaten Sumbawa menyebutkan, pemotongan meningkat dua kali lipat dari 5 ekor/hari menjadi 10 ekor/hari.

“karena intensitas pembelu, selama ini kita motong sekitar 5 ekor perhari, sekarang mencapai 10 ekor perhari, kerena mendekati idul fitri,” kata Ir. Sirajudin Kadis Nakeswan Kabupaten Sumbawa, Senin (03/06/2019) saat melakukan pengecekan daging di pasar Berang Biji, Sumbawa.

Menurutnya, produksi daging tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga hari lebaran, meninggat permintaan dari konsumen juga terus meningkat. “produksi daging ada peningkatan normalnya di RPH bangkong normalnya 5 ekor perhari, sekarang manjadi 10 ekor perhari, itu langsung habis. Mungkin sampai lebaran, tapi kita harap juga bisa kembali seperti nomal, minimal 5 atau 6 ekor/hari,” terangnya.

Terkait harga, ia mengakui bahwa mengalami keniakan, namun menurutnya kenaikan tersebut tidak begitu signifikan. ““kaitan dengan harga, walaupun ada kenaikan, namun tidak signifikan, kisaran 130/kg dari harga normal sekitar 120/kg,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed